Sekretariat Utama

Berita Seputar Sekretariat Utama

Sestama BPKP Buka Forum Penyelenggaraan SPIP 2014
19 Januari 2015 19:07:22 / adminsesma1 / dibaca: 2882 kali / Kat: SPIP

Forum Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) 2014 di lingkungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dibuka oleh Sekretaris Utama BPKP Meidyah Indreswari didampingi oleh Inspektur BPKP Hari Setiadi di Aula Gandhi Gedung Kantor BPKP Pusat Lt.3 Jl.Pramuka no.33 Jakarta, Senin (21/4). Forum dihadiri oleh anggota Satgas SPIP dari seluruh unit kerja yang ada di lingkungan BPKP, baik perwakilan, kedeputian, pusat-pusat, maupun biro-biro.

Pada pidato pembukaannya, Sekretaris Utama BPKP Meidyah Indreswari mengatakan bahwa tujuan dari forum ini adalah untuk mengevaluasi hasil dalam Laporan Triwulanan (Triwulan I - 2014) Penyelenggaraan SPIP di tiap-tiap unit kerja yang ada di BPKP yang seharusnya telah disampaikan kepada Sekretaris Utama BPKP pada tanggal 10 April 2014 lalu.

Satgas SPIP yang ada di unit kerja menurut Meidyah, harus bisa meningkatkan efisiensi dan efektifitas kegiatan unit kerja tersebut. Satgas SPIP bukanlah yang harus mengerjakan seluruh pekerjaan perbaikan, namun hanya membantu mengidentifikasi kelemahan yang ada dan memberikan saran perbaikan kepada unit kerja. Meidyah memerintahkan kepada satgas SPIP unit kerja di forum ini untuk mengidentifikasi kelemahan yang ada di unit kerjanya masing-masing.

Metodologi yang dipakai pada forum ini adalah lebih banyak kepada diskusi kelompok dari pada hanya paparan searah. Tiap satgas SPIP unit kerja disamping mengevaluasi laporan SPIP triwulan I 2014 milik unit kerjanya, juga melakukan evaluasi atas dua laporan SPIP triwulan I 2014 milik unit kerja lainnya. Metodologi seperti ini jika berhasil baik, akan menjadi tools yang akan dipakai dalam menentukanmaturity level SPIP.

(Humas BPKP Pusat – HJK/Tine) (x..)



Share      

Berita Terkait:

19 Maret 2015 16:30:08 / renwas / dibaca: kali / Kat: SPIP
PEMBAHASAN AWAL KERANGKA PENGELUARAN JANGKA MENENGAH (KPJM)