Sekretariat Utama

Berita Seputar Sekretariat Utama

Opini WTP, Komitmen Pengelolaan Keuangan Negara yang Akuntabel
25 Agustus 2020 17:07:27 / adi / dibaca: 108 kali / Kat: Evaluasi

JAKARTA (25/8) - Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) telah melakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian dan Lembaga Tahun Anggaran 2019. Pemeriksaan dilakukan untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan tahun 2019 dengan memperhatikan kesesuaian Standar Akuntansi Pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan pada perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian internal.

BPKP Didapuk Jadi Koordinator Pendampingan Akuntabilitas K/L
21 Juli 2020 18:03:51 / adi / dibaca: 165 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Jakarta (20/7) – Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna, menekankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang dikeluarkan oleh pihaknya bukan jaminan untuk memperoleh opini WTP di tahun berikutnya. Menurutnya, kompleksitas masalah pengelolaan keuangan di tahun 2020 jauh lebih sulit dibandingkan tahun 2019 sejak dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai pertanggungjawaban. Untuk itu, peran Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP) perlu diintensifkan sesuai dengan kedudukan masing-masing.

Rekonsiliasi Keuangan Semester I, Tepat Waktu dan Substansi
14 Juli 2020 09:20:28 / adi / dibaca: 238 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Jakarta (13/7) - "Transformasi Penyusunan Laporan Keuangan yang Akuntablel dan Optimalisasi IT" adalah tema yang diusung oleh Biro Keuangan BPKP pada rekonsiliasi keuangan semester I yang digelar selama 5 hari kerja, mulai tanggal 13 – 17 Juli 2020. Acara ini dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh pejabat struktural, Kepala Bagian Tata Usaha (TU), Kasubbag Keuangan, Kasubbag Umum, Kasubbag TU, Kasubbag TU Kedeputian, dan staf pengelola keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) yang berasal dari seluruh unit kerja di lingkungan BPKP dari tempat kerja masing-masing.


Arsip Berita
Profil Sekretaris Utama

Sekretariat Utama BPKP adalah unsur pendukung pimpinan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi BPKP yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala.

Sekretariat Utama BPKP dipimpin oleh Sekretaris Utama.

Dalam melaksanakan tugas koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi di seluruh unit organisasi di lingkungan BPKP, Sekretariat Utama menyelenggarakan fungsi:

  1. pembinaan dan pelayanan administrasi perencanaan, ketatausahaan, organisasi, tatalaksana, kepegawaian, keuangan, hukum dan perundang-undangan, protokol, persandian, kearsipan, perlengkapan, dan rumah tangga BPKP;
  2. pengoordinasian pelaksanaan penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah dan reformasi birokrasi di lingkungan BPKP;
  3. pengoordinasian, sinkronisasi, dan integrasi program pembinaan dan sertifikasi jabatan fungsional auditor, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan di lingkungan BPKP; dan
  4. penyusunan laporan pelaksanaan tugas dan laporan akuntabilitas kinerja BPKP.