Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Teknologi Informasi

Produk Teknologi Informasi sampai dengan Juni 2013

Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah  juga turut mengembangkan aplikasi-aplikasi software untuk mendukung terselenggaranya pengelolaan keuangan daerah yang lebih tertib, tepat waktu dan menghasilkan laporan keuangan yang dapat diandalkan (reliable). Aplikasi-aplikasi software yang telah dikembangkan sebagai berikut :

  1. Aplikasi  SIMDA  KEUANGAN
  • Aplikasi SIMDA Versi 2.1 Rilis 14, SIMDA Versi 2.1 Rilis 15
  • Manual Sistem dan Prosedur Perencanaan dan Penganggaran Simda Versi 2.1
  • Manual Sistem dan Prosedur Pelaksanaan dan Penatausahaan Simda Versi 2.1
  • Manual Sistem dan Prosedur Akuntansi dan Pertanggungjawaban Simda Versi 2.1
  • Pedoman Pengoperasian Aplikasi SKPD Simda Versi 2.1
  • Pedoman Pengoperasian Aplikasi SKPKD Simda Versi 2.1

 

Program aplikasi ini  digunakan untuk  pengelolaan keuangan daerah secara terintegrasi, meliputi penganggaran, penatausahaan, akuntansi dan pelaporannya.

Output aplikasi ini antara lain:

ØPenganggaran 

Rencana Kerja Anggaran (RKA), RAPBDdan Rancangan Penjabaran APBD, APBD dan Penjabaran APBD beserta perubahanya, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

ØPenatausahaan  

Surat Penyediaan Dana (SPD), Surat Permintaan Pembayaran (SPP), Surat Perintah Membayar (SPM), SPJ, Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), Surat Tanda Setoran (STS), beserta register-register, dan formulir-formulir pengendalian anggaran lainya.

ØAkuntansi dan Pelaporan

Jurnal, Buku Besar, Buku Pembantu, Laporan Keuangan (Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas dan Neraca), Perda Pertanggungjawaban dan Penjabarannya.

 

2,  Aplikasi SIMDA BMKD

  • Aplikasi BMKD
  • Pedoman Pengoperasian Aplikasi - BMKD

Program aplikasi ini digunakan untuk  pengelolaan barang daerah meliputi perencanaan, pengadaan, penatausahaan, penghapusan dan akuntansi barang daerah.  Output aplikasi ini  antara lain :

Ø  Perencanaan 

Daftar Kebutuhan Barang dan Pemeliharaan, Daftar Rencana Pengadaan Barang Daerah dan Daftar Rencana Pemeliharaan Barang Daerah.

Ø  Pengadaan

Daftar Hasil Pengadaan,  Daftar Hasil Pemeliharan Barang, dan Daftar Kontrak Pengadaan.

Ø  Penatausahaan

Kartu Inventaris Barang (KIB),Kartu (sejarah) Barang, Kartu Inventaris ruangan (KIR), Buku Inventaris (BI), Daftar Mutasi Barang Daerah, dan Rekap Hasil Sensus, serta Label Barang.

Ø  Penghapusan

SK Penghapusan, Lampiran SK Penghapusan dan Daftar Barang yang Dihapuskan

Ø  Akuntansi

Daftar Barang yang masuk Neraca (Intracomptable), Daftar Barang Extra Comptable, Lampiran Neraca,Daftar Penyusutan Aset Tetap, dan Daftar Aset Lainnya (Barang Rusak Berat), serta Rekapitulasi Barang Per SKPD.

Aplikasi SIMDA BMD dikembangkan dalam dua basis, yaitu berbasis dekstop dan berbasis Web serta serta dapat dikoneksikan dengan GIS.

3.  Aplikasi SIMDA GAJI

  • Aplikasi Gaji
  • Pedoman Pengoperasian Aplikasi - Gaji

Aplikasi Komputer SIMDA Gaji dikembangkan berdasarkan kebutuhan pemerintah daerah dalam pengelolaan penggajian pegawainya. Aplikasi ini akan membantu pemda untuk memproses penggajian secara lebih cepat, akurat serta menghasilkan dokumen penggajian yang dapat diandalkan.

Ouput dari aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Daftar Gaji, Rapel, Gaji Terusan, Perhitungan Pajak.
  • Daftar Pegawai.
  • Register- register.

    4. Aplikasi  SIMDA Pendapatan

Tujuan pengembangan aplikasi ini adalah sebagai sarana optimalisasi pajak/retribusi daerah serta agar pemerintah daerah dapat menghasilkan laporan-laporan pengelolaan pendapatan dan piutang sebagai dokumen pendukung laporan keuangan pemerintah daerah yang dapat diandalkan.

Ouput dari aplikasi antara lain sebagai berikut:

Ø  Pendataan

Formulir Pendaftaran,Tanda Terima Pendaftaran,Kartu NPWP/RD,Daftar Wajib Pajak/Retribusi, Daftar SPTP/RD, danKartu Data.

Ø  Penetapan

Nota Perhitungan Pajak/Retribusi Daerah,SKP/RD (Surat Ketetapan Pajak/Retribusi Daerah),Daftar SPKP/RD,SKP/RDTambahan,SKPD/RKurang Bayar, SKP/RDNihil, Daftar Surat Ketetapan Pajak/Retribusi Daerahdan Daftar Tunggakan Pajak/Retribusi Daerah

Ø  Penatausahaan

Laporan Penerimaan Harian,Laporan Realisasi Penerimaan, Kartu Piutang,Buku Pembantu Rincian Penerimaan per Obyek,STS (Surat Tanda Setoran)dan Buku Kas Umum.

 

5.  Sub Aplikasi Gabungan Per Provinsi

 

Rencana pengembangan selanjutnya yaitu  SIMDA Keuangan Akrual Basis (PP nomor 71 tahun 2010), SIMDA Aparatur, SIMDA Pendapatan dan SIMDA Kinerja (Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah/SAKIP)


Share   
Profil Deputi Was Bidang PKD
Tupoksi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Sekapur Sirih Deputi Kepala BPKP Bid. Was. PKD
Tujuan Strategik
Motto
Produk Layanan
Sistem Akuntansi Keuangan Daerah
Good Local Governance
Pedoman Audit
Teknologi Informasi
Probity Audit
Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA)
Memahami SIMDA
Sejarah SIMDA
INFORMASI PUBLIK/DOWNLOAD
Pdf
Power Point
FILE EXCEL
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2010
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2013
Kinerja Deputi Was Bidang PKD
Kinerja Program Utama Deputi PKD
Data Kinerja Deputi Was PKD
SATGAS pada Deputi Was Bidang PKD
Selayang Pandang tentang SATGAS di Lingkungan Deputi PKD
Personil Deputi PKD
Dit. Was PKD Wilayah 1
Dit. Was PKD Wilayah 2
Dit. Was PKD Wilayah 3
Pengelola Website Deputi PKD
Tata Usaha Perbantuan Deputi PKD

KONTAK KAMI :

Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Gedung BPKP Pusat, Jl. Pramuka 33, Jakarta 13120

   Telp. 021-85910031 (hunting)

 

Sekretaris Deputi :  

    Direct  021-85910302  atau 021-85910031  Pesawat Internal : 0323   (Lantai 3)

Sekretaris Direktur PPKD Wilayah I  :  

Direct  021-85907030 atau 021-85910031  Pesawat Internal  : 1030  (Lantai  10 Timur)

Sekretaris Direktur PPKD  Wilayah II  :   

Direct  021-85907666 atau 021-85910031  Pesawat Internal  : 1034  (Lantai 10 Barat)

Sekretaris Direktur PPKD Wilayah III  : 

Direct  021-85907990 atau 021-85910031  Pesawat Internal  : 1040  (Lantai 10 Timur)

 

E-mail :

deputi4.1@bpkp.go.id 

Gedung BPKP Lantai 10 Timur,
Jl. Pramuka 33, Jakarta 13120
Telp. 021-85910031 (hunting)
E-mail : deputi4.1@bpkp.go.id
 
 

 

Galeri Kegiatan Deputi PKD