Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Berita Seputar Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Bimbingan Teknis SIMDA Keuangan bagi Ajun Akuntan Magang di Deputi Was. Bidang PKD
14 April 2012 09:57:25 / sakd / dibaca: 5149 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

“Peserta diharapkan serius mengikuti bimbingan teknis ini karena tenaga yang memahami aplikasi SIMDA jumlahnya di BPKP masih sangat sedikit dan sangat dibutuhkan di Perwakilan BPKP seluruh Indonesia.”

Demikianlah harapan dari Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah III,Sri Penny Ratnasari dalam sambutannya mewakili Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah. Selanjutnya Sri Penny Ratnasari menyatakan bahwa potensi penugasan pendampingan implementasi aplikasi SIMDA sangat besar mengingat 297 pemda sudah mengimplementasikan aplikasi SIMDA atau 56,68% dari total pemerintah daerah (524 pemda) sementara pemda yang mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun buku 2010 hanya 34 pemda. Suatu kesempatan yang sangat berharga bagi para ajun akuntan yang magang di Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah karena untuk dapat menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis ini membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Bimbingan Teknis aplikasi SIMDA Keuangan versi 2.1 diikuti oleh 28 orang peserta, seluruhnya adalah ajun akuntan yang magang di Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah. Pelaksanaan bimbingan teknis dimulai pada tanggal 10 April sampai dengan tanggal 13 April 2012 bertempat di Hotel Le Grandeur Mangga Dua Jakarta.

Instruktur yang menyampaikan materi dalam kegiatan bimbingan teknis ini seluruhnya berasal dari Satuan Tugas Pengembangan SIMDA, dengan materi paparan,meliputi : Gambaran umum penyelenggaraan bimtek, Gambaran umum siklus pengelolaan keuangan daerah, Praktek instalasi SQL dan aplikasi SIMDA Keuangan versi 2.1, pengetahuan tentang jaringan komputer, maintenance aplikasi dan database, system requirement aplikasi SIMDA Keuangan versi 2.1 dan praktek pengoperasian aplikasi SIMDA Keuangan versi 2.1 dengan menggunakan simulasi soal mulai dari penganggaran, penatausahaan, pembukuan dan penyusunan laporan keuangan. Pada akhir sesi bimbingan teknis disampaikan pengenalan aplikasi SIMDA BMD, SIMDA Gaji dan SIMDA Pendapatan.

Esensi hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini, peserta bimbingan teknis dapat memahami sistem pengelolaan keuangan daerah secara umum baik berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun pengelolaan keuangan daerah dengan menggunakan aplikasi SIMDA Keuangan versi 2.1; mampu mengoperasikan aplikasi SIMDA Keuanganversi 2.1 mulai dari tahap instalasi aplikasi,  tahap penganggaran, pelaksanaan atau penatausahaan dan pembukuan serta penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah, serta menjadi bekal dalam melakukan pendampingan implementasi aplikasi SIMDA Keuangan versi 2.1pada pemerintah daerah.(Humas Deputi Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah/-Rustam-Amir El Husin)



Share      

Berita Terkait:

08 Maret 2017 17:42:31 / sakd / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Memasyarakatkan SIMA kepada Pegawai Kedeputian Penyelenggaraan Keuangan Daerah
20 Nopember 2015 18:28:36 / sakd / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pentingnya Pengawasan terhadap Pembangunan Ekonomi
23 Oktober 2012 16:43:39 / sakd / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pelatihan Program Aplikasi Simda Keuangan Bagi Ajun Akuntan Lulusan STAN
11 Oktober 2012 07:42:37 / sakd / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembekalan Probity Audit Bagi APIP Inspektorat Provinsi DKI Jakarta


Profil Deputi Bidang Was PKD
Tupoksi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Sekapur Sirih Deputi Kepala BPKP Bid. Was. PKD
Tujuan Strategik
Motto
Profil Pimpinan
Produk Layanan
Sistem Akuntansi Keuangan Daerah
Good Local Governance
Pedoman Audit
Teknologi Informasi
Probity Audit
Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA)
Memahami SIMDA
Sejarah SIMDA
INFORMASI PUBLIK/DOWNLOAD
Unduhan Peraturan/Pedoman
Bahan Ajar Sosialisasi
Laporan Kinerja Deputi PKD tahun 2016
Pedoman Probity Audit
FILE EXCEL
Perjanjian Kinerja Tahun 2017
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2010
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2013
Perjanjian Kinerja Tahun 2015
RENCANA STRATEGIS 2015-2019 Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2015
Perjanjian Kinerja Tahun 2016
Laporan Kinerja Deputi PKD tahun 2017
Rakor Deputi Bidwas PKD 2018
Kinerja Deputi Bidwas PKD
Kinerja Program Utama Deputi PKD
Data Kinerja Deputi Was PKD
SATGAS pada Deputi Bidwas PKD
Selayang Pandang tentang SATGAS di Lingkungan Deputi PKD
Personil Deputi PKD
Dit. Was Akuntabilitas Keuangan Daerah
Dit. Was Akuntabilitas Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah
Dit. Was Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan, Tata Kelola Pemerintahan Desa
Pengelola Website Deputi PKD
Tata Usaha Perbantuan Deputi PKD
Dit Was Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintah Daerah
Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)
Pengawalan Desa
MoU Kemendagri dan BPKP
Pedoman Keuangan Desa
Juklak Bimkon Keuangan Desa
Peluncuran SISKEUDES
SPIP
SPIP dan Manajemen Risiko

KONTAK KAMI :

Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Gedung BPKP Pusat, Jl. Pramuka 33, Jakarta 13120. Telp. 021-85910031 (hunting)

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah :  

GATOT DARMASTO

No, Telp. Sekretaris  :   Direct  021-85910302  atau 021-85910031  Pes. Internal :  0323   (Lantai 3)

Direktur  Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Daerah :

DIKDIK SADIKIN

No. Telp.  Sekretaris  :   Direct  021-859039035 atau 021-85910031 Pes. Internal  : 1056  (Lantai  10 Barat)

Direktur  Pengawasan Akuntabilitas Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah  :  

ADI GEMAWAN

No, Telp. Sekretaris   :    Direct  021-85907666 atau 021-85910031  Pes. IInternal  : 1034  (Lantai 10 Barat)

Direktur  Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan dan Tata Kelola Desa :  

Iskandar Novianto

 

No. Telp.  Sekretaris  :   Direct  021-85907030 atau 021-85910031 Pes. Internal  : 1030  (Lantai  10 Timur)

Direktur  Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintah Daerah  :

BEA REJEKI TIRTADEWI

No. Telp.  Sekretaris  :   Direct  021-85907990 atau 021-85910031  Pes. Internal  : 1040  (Lantai 10 Timur)

 

E-mail  Pengelola Website :  

deputi4.1@bpkp.go.id 

 

Galeri Kegiatan Deputi PKD