BPKP Narasumber Seminar

Acara diawali dengan jamuan makan malam yang bertempat di rumah jabatan Gubernur Kalimantan Tengah pada tanggal 4 Juli 2011.  Selanjutnya Pembukan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Tambun Bungai, Palangkaraya. Acara dibuka oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Teras Narang). Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Tengah memperkenalkan Provinsi Kalimantan Tengah kepada seluruh peserta. Gubernur juga mengingatkan pentingnya penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan, karena apabila rekomendasi yang telah disampaikan dalam Iaporan hasil pemeriksaan itu tidak ditindaklanjuti oleh auditanmaka sia-sialah pengawasan itu dilakukan karena tidak akan menghasilkan perbaikan pada auditandan tujuan pengawasan menjadi tidak tercapai.

Pada hari kedua, Selasa 5 Juli 2011 bertempat di Aula Eka Hapakat diadakan seminar dengan pembicara tunggal Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah III Deputi Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (Drs. Agus Sukiswo, MM). Bertindak sebagai moderator dalam seminar ini adalah Inspektur Provinsi Kalimantan Tengah. Tema yang diangkat dalam seminar ini adalah: “Peningkatan Peran Pengawasan Internal Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah”. Materi seminar yang disampaikan adalah : Peran dan Kedudukan Pengawasan Internal, Gambaran Kondisi Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah, Upaya Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, dan Optimasi Tindak Lanjut Hasil Pengawasan.

Pada saat yang bersamaan, bertempat di Aula Jayang Tingang dilakukan pembahasan / pemutakhiran data tindak lanjut hasil pemeriksaan. Dalam acara ini, pihak BPKP diwakili oleh Pusinfowas dan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan. (rof)