Reformasi Birokrasi sebagai Pemacu Perubahan Mindset dalam Pelayanan Publik Yang Lebih Baik

Kegiatan internalisasi ini bertujuan juga mempersiapkan adanya Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) online.Kegiatan sosialisasi internal yang dilaksanakan serentak di seluruh unit kerja BPKP ini diselenggarakan berdasar dokumen Road Map RB BPKP berdasarkan Perka BPKP Nomor 7 Tahun 2016 tentang Road Map Reformasi Birokrasi BPKP Tahun 2015-2019.

Dipandu oleh moderator, Agus Rianto,  materi PPM internalisasi Road Map Reformasi Birokrasi BPKP Tahun 2015-2019 disampaikan oleh Nani Ulina dan Imelda Mauldivita. Keduanya menitikberatkan pada upaya percepatan reformasi birokrasi untuk tahun 2015-2019 dalam presentasinya. BPKP sendiri akan berfokus pada 8 area perbaikan yang dijabarkan dalam 8 program, 27 kegiatan dan 130 rencana kerja yang diawali dengan program Quick Wins. Keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi akan diukur dengan menggunakan indikator kinerja utama (IKU) yang telah ditetapkan dalam Road Map ini juga. Titik berat yang perlu diperhatikan dalam Grand Design pada Perka tersebut yang menjadi tanggung jawab Kedeputian PKD adalah terkait dengan pelaksanaan Maturitas SPIP, Pengembangan SIMDA Akrual dan Pengembangan SIMDA Desa. 3 Quick Win tadi juga telah menjadi prioritas nasional yang menjadi tanggung jawab BPKP

Kegiatan ditutup oleh Bambang Utoyo selaku Direktur PPKD Wilayah II sekaligus Ketua Tim Penjaminan Kualitas Reformasi Birokrasi Nasional. Beliau berpesan agar Reformasi Birokrasi dilaksanakan oleh seluruh pegawai di Lingkungan Kedeputian PKD, memberikan pelayanan sepenuh hati kepada stakeholder kita baik atas maupun bawah.

(Rief/Humas PKD)