Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Berita Seputar Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Memasyarakatkan SIMA kepada Pegawai Kedeputian Penyelenggaraan Keuangan Daerah
08 Maret 2017 17:42:31 / sakd / dibaca: 2407 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Jakarta, Rabu (08/03) – Penggunaan teknologi informasi pada birokrasi di instansi pemerintahan merupakan suatu hal yang menjadi keharusan. Penerapan  Sistem Informasi Manajemen Akutanbilitas (SIMA) yang dikembangkan oleh Pusat Informasi Pengawasan (Pusinfowas) dan Biro Perencanaan Pengawasan BPKP  merupakan salah satu bentuk penggunaan teknologi informasi yang diadopsi oleh BPKP. Untuk memperkenalkan aplikasi tersebut, maka diadakan kegiatan Workshop Sistem Informasi Manajemen AKuntabilitas (SIMA) BPKP di lingkungan pegawai Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah pada hari Rabu dan Kamis (08-09/03) di Ruang Workshop Pusinfowas BPKP Lantai 7.

 

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari bapak Iwan Taufik selaku Kepala Pusinfowas dan bapak Sueb Cahyadi selaku Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah I. Pada kesempatan tersebut bapak Iwan Taufik menyampaikan bahwa Workshop Sistem Informasi Manajemen Akuntabilitas  ini diadakan sebagai langkah transfer of knowledge dari pengembang yang terdiri dari Pusinfowas dan Biro Renwas BPKP kepada seluruh pengguna di lingkungan BPKP. Titik Kritis yang perlu ditekankan pada Kedeputian Penyelenggaran Keuangan Daerah adalah dalam penggunaan SIMA ini terdapat kewajiban untuk melengkapi data profil pemerintah daerah yang terdapat pada sub sistem SIMA KLDBU. Untuk melaksanakan tugas tersebut, bapak Iwan Taufik menyampaikan bahwa perlu kerja sama dari Korwas APD di seluruh perwakilan BPKP. Di masa mendatang, perwakilan BPKP bisa mendayagunakan kerjasama dengan APIP Pemerintah Daerah untuk melengkapi informasi tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan 2 tahap ini dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan dari Bapak Sueb Cahyadi. Beliau menyampaikan bahwa Sekretaris Utama BPKP telah menginstrusikan pengimplementasian SIMA  mulai tahun 2017. Deputi Penyelenggaraan Keuangan Daerah yang merupakan deputi pembina bagi Pusinfowas BPKP wajib menjadi pelopor penerapan SIMA. Penggunaan SIMA memerlukan komitmen dari seluruh pihak agar data yang masuk tetap valid da integritasnya terjaga. Pegawai yang tidak mengentry penugasannya kedalam SIMA akan mengalami kerugian karena jejak penugasannya tidak terekam.

Kegiatan workshop bagi pegawai di lingkungan Kedeputian Penyelenggaraan Keuangan Daerah diadakan menjadi 2 tahap. Tahap I diadakan pada hari Rabu- Kamis (08-09/03) sedangkan kegiatan workshop tahap II diadakan pada hari Senin-Selasa (13-14/03). Pada kegiatan tahap I yang diadakan pada hari Rabu peserta diperkenalkan penggunaan SIM RELAKPOR sebagai bagian dari SIMA BPKP. Pada SIM RELAKPOR proses penugasan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan  dilakukan pada satu sistem informasi. Akses dari aplikasi ini disesuaikan dengan peran-peran yang telah ditentukan oleh administrator. Sampai dengan selesainya pelatihan pada hari Rabu peserta memperoleh simulasi penyusunan perencanaan dan pengadministrasian pelaksanaan penugasan.

(Humas PKD/Rief)



Share      

Berita Terkait:

20 Nopember 2015 18:28:36 / sakd / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pentingnya Pengawasan terhadap Pembangunan Ekonomi
23 Oktober 2012 16:43:39 / sakd / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pelatihan Program Aplikasi Simda Keuangan Bagi Ajun Akuntan Lulusan STAN
11 Oktober 2012 07:42:37 / sakd / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pembekalan Probity Audit Bagi APIP Inspektorat Provinsi DKI Jakarta
14 April 2012 09:57:25 / sakd / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Bimbingan Teknis SIMDA Keuangan bagi Ajun Akuntan Magang di Deputi Was. Bidang PKD


Profil Deputi Bidang Was PKD
Tupoksi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Sekapur Sirih Deputi Kepala BPKP Bid. Was. PKD
Tujuan Strategik
Motto
Profil Pimpinan
Produk Layanan
Sistem Akuntansi Keuangan Daerah
Good Local Governance
Pedoman Audit
Teknologi Informasi
Probity Audit
Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA)
Memahami SIMDA
Sejarah SIMDA
INFORMASI PUBLIK/DOWNLOAD
Unduhan Peraturan/Pedoman
Bahan Ajar Sosialisasi
Laporan Kinerja Deputi PKD tahun 2016
Pedoman Probity Audit
FILE EXCEL
Perjanjian Kinerja Tahun 2017
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2010
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2013
Perjanjian Kinerja Tahun 2015
RENCANA STRATEGIS 2015-2019 Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2015
Perjanjian Kinerja Tahun 2016
Laporan Kinerja Deputi PKD tahun 2017
Rakor Deputi Bidwas PKD 2018
Kinerja Deputi Bidwas PKD
Kinerja Program Utama Deputi PKD
Data Kinerja Deputi Was PKD
SATGAS pada Deputi Bidwas PKD
Selayang Pandang tentang SATGAS di Lingkungan Deputi PKD
Personil Deputi PKD
Dit. Was PKD Wilayah 1
Dit. Was PKD Wilayah 2
Dit. Was PKD Wilayah 3
Pengelola Website Deputi PKD
Tata Usaha Perbantuan Deputi PKD
Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)
Pengawalan Desa
MoU Kemendagri dan BPKP
Pedoman Keuangan Desa
Juklak Bimkon Keuangan Desa
Peluncuran SISKEUDES
SPIP
SPIP dan Manajemen Risiko

KONTAK KAMI :

Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Gedung BPKP Pusat, Jl. Pramuka 33, Jakarta 13120. Telp. 021-85910031 (hunting)

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah :  

GATOT DARMASTO

No, Telp. Sekretaris  :   Direct  021-85910302  atau 021-85910031  Pes. Internal :  0323   (Lantai 3)

Direktur  PPKD Wilayah I  :  

ADI GEMAWAN

No. Telp.  Sekretaris  :   Direct  021-85907030 atau 021-85910031  Pes. Internal  : 1030  (Lantai  10 Timur)

Direktur  PPKD Wilayah II  :

BEA REJEKI TIRTADEWI

No, Telp. Sekretaris   :    Direct  021-85907666 atau 021-85910031  Pes. IInternal  : 1034  (Lantai 10 Barat)

Direktur  PPKD Wilayah III  :  

Iskandar Novianto

No. Telp.  Sekretaris  :   Direct  021-85907990 atau 021-85910031  Pes. Internal  : 1040  (Lantai 10 Timur)

E-mail  Pengelola Website :  

deputi4.1@bpkp.go.id 

 

Galeri Kegiatan Deputi PKD