Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Berita Seputar Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Pembekalan mengenai Aplikasi Siskeudes kepada Praja IPDN
28 Pebruari 2017 15:05:01 / sakd / dibaca: 4187 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Jakarta - (28/02) Institut Pemerintahan Dalam Negeri mengundang Narasumber dari BPKP  untuk melaksanakan Bimtek Siskeudes dilaksanakan tanggal 21   Februari 2017 bertempat di Kampus IPDN Jatinangor Sumedang, yangdiikuti kurang lebih3000 orangpeserta yang merupakan para praja Tingkat I, Tingkat II, dan Tingkat III.

 

Kegiatan pengarahan tersebut memiliki tujuan agar para praja IPDN bisa memahami siklus pengelolaan keuangan desa dan memahami system requirement dan menu aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Pada acara tersebut narasumber yang memberikan materi terdiri dari 2 orang yaitu Robertus Gatot Megantoro selaku tim Satgas Desa dari BPKP Pusat dan Ibu Elis Lumban Gaol selaku PFA pada Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat. 

Pada sesi pertama kegiatan pengarahan tersebut, para peserta memperoleh  materi gambaran umum keuangan desa yang meliputi konsep keuangan desa, siklus pengelolaan keuangan desa, struktur APBDesa, dokumen perencanaan, dokumen penganggaran, dokumen penatausahaan dan jenis-jenis laporan pertanggungjawaban keuangan  desa. Dari sini diharapkan para praja IPDN dapat memperoleh gambaran utuh mengenai kegiatan pengelolaan keuangan yang dilaksanakan di tingkat pemerintahan desa.Pada sesi kedua bimtek diisi dengan materi mengenai system requirement dan pengenalan aplikasi Siskeudes yang meliputi materi mengenai perkembangan dan karakteristik aplikasi Siskeudes, fungsi dari menu parameter, tahapan instalasi aplikasi Siskeudes, jenis-jenis menu dan sub menu yang ada di aplikasi Siskeudes, dan output dari menu pelaporan Siskeudes. Pada tahapan ini peserta dapat memperoleh gambaran singkat mengenai Aplikasi Siskeudes yang merupakan Aplikasi yang dikembangkan bersama-sama antara Kementerian Dalam Negeri dengan BPKP yang berguna untuk membantu pemerintahan desa untuk melaksanakan kegiatan pengelolaan keuangan desa.

Pada kegiatan ini juga peserta diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Pada sesi tanya jawab ini peserta antusias untuk menggali lebih dalam seluk beluk pengelolaan keuangan desa. Seperti Firman, praja IPDN asal Gorontalo, yang bertanya apakah desa dapat memperoleh pendanaan dari kabupaten/kota selain dana yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), kemudian juga Azis, Praja dari Provinsi Jawa Tengah juga mempertanyakan mengenai peran apa yang dapat mereka ambil terkait pendampingan di desa khususnya terkait dengan aplikasi siskeudes.

(Humas Deputi PKD BPKP - rief)



Share      

Berita Terkait:

13 April 2017 16:39:29 / sakd / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Workshop Simda Perencanaan dan Cash Management System pada Pemda di Provinsi Jawa Tengah
23 Pebruari 2016 19:19:45 / sakd / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Nindya Praja IPDN Studi Perspektif Lapangan ke BPKP
18 Juni 2014 16:18:53 / sakd / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kunjungan Kerja Konsultatif DPRD Provinsi Sumatera Selatan
18 Juni 2014 13:06:40 / sakd / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kunjungan Kerja Konsultatif Pemerintah Kabupaten Bolaaang Mongondow Utara
23 Mei 2014 17:13:38 / sakd / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kunjungan Konsultasi DPRD Kabupaten Kediri ke BPKP


Profil Deputi Bidang Was PKD
Tupoksi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Sekapur Sirih Deputi Kepala BPKP Bid. Was. PKD
Tujuan Strategik
Motto
Profil Pimpinan
Produk Layanan
Sistem Akuntansi Keuangan Daerah
Good Local Governance
Pedoman Audit
Teknologi Informasi
Probity Audit
Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA)
Memahami SIMDA
Sejarah SIMDA
INFORMASI PUBLIK/DOWNLOAD
Unduhan Peraturan/Pedoman
Bahan Ajar Sosialisasi
Laporan Kinerja Deputi PKD tahun 2016
Pedoman Probity Audit
FILE EXCEL
Perjanjian Kinerja Tahun 2017
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2010
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2013
Perjanjian Kinerja Tahun 2015
RENCANA STRATEGIS 2015-2019 Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2015
Perjanjian Kinerja Tahun 2016
Laporan Kinerja Deputi PKD tahun 2017
Rakor Deputi Bidwas PKD 2018
Kinerja Deputi Bidwas PKD
Kinerja Program Utama Deputi PKD
Data Kinerja Deputi Was PKD
SATGAS pada Deputi Bidwas PKD
Selayang Pandang tentang SATGAS di Lingkungan Deputi PKD
Personil Deputi PKD
Dit. Was Akuntabilitas Keuangan Daerah
Dit. Was Akuntabilitas Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah
Dit. Was Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan, Tata Kelola Pemerintahan Desa
Pengelola Website Deputi PKD
Tata Usaha Perbantuan Deputi PKD
Dit Was Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintah Daerah
Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)
Pengawalan Desa
MoU Kemendagri dan BPKP
Pedoman Keuangan Desa
Juklak Bimkon Keuangan Desa
Peluncuran SISKEUDES
SPIP
SPIP dan Manajemen Risiko

KONTAK KAMI :

Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Gedung BPKP Pusat, Jl. Pramuka 33, Jakarta 13120. Telp. 021-85910031 (hunting)

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah :  

GATOT DARMASTO

No, Telp. Sekretaris  :   Direct  021-85910302  atau 021-85910031  Pes. Internal :  0323   (Lantai 3)

Direktur  Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Daerah :

DIKDIK SADIKIN

No. Telp.  Sekretaris  :   Direct  021-859039035 atau 021-85910031 Pes. Internal  : 1056  (Lantai  10 Barat)

Direktur  Pengawasan Akuntabilitas Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah  :  

ADI GEMAWAN

No, Telp. Sekretaris   :    Direct  021-85907666 atau 021-85910031  Pes. IInternal  : 1034  (Lantai 10 Barat)

Direktur  Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan dan Tata Kelola Desa :  

Iskandar Novianto

 

No. Telp.  Sekretaris  :   Direct  021-85907030 atau 021-85910031 Pes. Internal  : 1030  (Lantai  10 Timur)

Direktur  Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintah Daerah  :

BEA REJEKI TIRTADEWI

No. Telp.  Sekretaris  :   Direct  021-85907990 atau 021-85910031  Pes. Internal  : 1040  (Lantai 10 Timur)

 

E-mail  Pengelola Website :  

deputi4.1@bpkp.go.id 

 

Galeri Kegiatan Deputi PKD