Ketua KPU Provinsi Riau: “kami ingin naik ‘pangkat’ dalam opini atas laporan keuangan dari BPK RI”

Foto Ketua KPU Riau dengan Kaper BPKP RiauPekanbaru, 23 Maret 2011, bertempat di Aula Hotel Ratu Mayang Garden Pekanbaru, telah dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama (MoU) antara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Raja Syofyan Samad dengan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dadang Kurnia.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama (MoU) Pemanfaatan Jasa Manajemen BPKP dalam rangka peningkatan Good Governance di Lingkungan KPU Provinsi Riau ini dihadiri oleh Kepala BPKP yang diwakili oleh Direktur Pengawasan Lembaga Pemerintah Deputi Bidang Polsoskam Hamonangan Simarmata, para pejabat struktural di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Sekretaris KPU Provinsi Riau, Ketua dan Anggota KPU se-Provinsi Riau, dan Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota Provinsi Riau.

Dalam sambutannya Kepala BPKP yang diwakili oleh Direktur Pengawasan Lembaga Pemerintah Deputi Bidang Polsoskam Hamonangan Simarmata menyampaikan bahwa dalam tiga tahun belakangan opini atas Laporan Keuangan KPU adalah disclaimer, diharapkan pada tahun ini opini atas laporan keuangan KPU dapat meningkat lebih baik lagi. KPU Pusat bersama BPKP telah melakukan penandatanganan MoU pada tanggal 3 Agustus 2010 dan telah menyusun action plan untuk meningkatkan pengelolaan keuangan di Lingkungan KPU. BPKP sangat berterima kasih atas respon positif yang cepat dari KPU Provinsi Riau dengan melaksanakan penandatangan MoU antara KPU Provinsi Riau dengan Perwakilan BPKP Provinsi Riau ini.

Ditambahkan, BPKP sesuai dengan PP No. 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ditunjuk sebagai pembina SPIP sedang dan akan terus mengembangkan segala hal terkait dengan SPIP untuk diterapkan pada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, dalam hal ini khususnya pada KPU Provinsi Riau. Dengan komitmen bersama antara KPU Provinsi Riau dengan Perwakilan BPKP Provinsi Riau dalam melaksanakan MoU ini, diharapkan tujuan yang telah direncanakan dapat tercapai.

Ketua KPU Provinsi Riau dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan pendampingan dari Perwakilan BPKP Provinsi Riau, diharapkan pengelolaan keuangan dan manajerial perencanaan KPU Provinsi Riau dapat lebih baik lagi sehingga mendapatkan peningkatan opini atas laporan keuangan dari BPK RI yang pada akhirnya akan tercapai tata kelola pemerintahan yang baik.

Akhirnya Ketua KPU Provinsi Riau mengharapkan juga pendampingan dalam aspek manajerial yang masih lemah sehingga selama ini program-program yang dilaksanakan tidak maksimal untuk mendukung tercapainya kinerja KPU yang baik.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Kerja KPU se-Provinsi Riau Tahun 2012.

(Tim Humas Perwakilan BPKP Provinsi Riau/BO)