Tingkatkan Kompetensi APIP Demi Wujudkan Pemerintahan Good Governance dan Clean Government

Pekanbaru (28/10/2021) – Perwakilan BPKP Provinsi Riau dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan menyelenggarakan Pelatihan Auditor Ahli Pertama di lingkungan Inspektorat wilayah Provinsi Riau, Sumatera Barat dan Bengkulu yang dilaksanakan di Hotel Pangeran.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Fauqi Achmad Kharir. Dalam sambutannya, Fauqi menyampaikan peran audit internal saat ini dan di masa yang akan datang lebih kepada peran katalisator yaitu sebagai mitra/ problem solver, preventif, fokus pada nilai tambah, dan penyelesaian yang konstruktif.

“Yang demikan tidak lain bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang good governance dan clean government” ujar Fauqi.

Fauqi juga menegaskan bahwa perwujudan peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang efektif diwujudkan dalam bentuk memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi, dan efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Selanjuntnya memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko serta memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Fauqi berharap para peserta tidak hanya sekedar memperoleh sertifikat lulus ujian, namun secara nyata dapat memberikan pengaruh secara langsung terhadap peran dan kualitas audit internal di lingkungan Pemda masing-masing, dengan menerapkan seluruh pengetahuan yang diperoleh ke dalam setiap penugasan pengawasan intern.

Pelatihan berlangsung mulai tanggal 28 Oktober 2021 sampai 11 November 2021 yang diikuti oleh 44 peserta yang berasal dari Provinsi Riau, Sumatera Barat dan Bengkulu.

(Kominfo BPKP Riau)