Kukuhkan Kaper BPKP Provinsi Riau, Gubri: Semoga Sinergitas dan Kolaborasi Terus Berjalan Baik

Pekanbaru (18/8/2021) – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar didampingi Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia mengukuhkan Fauqi Achmad Kharir sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau yang dihelat di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi.

Pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Riau yang baru ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala BPKP Nomor: KEP-420/K/SU/2021. Untuk diketahui, Fauqi Achmad Kharir ini sebelumnya telah dilantik terlebih dahulu oleh Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh pada 6 Agustus 2021 lalu di Jakarta.

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia mengucapkan selamat kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau yang baru, saudara Fauqi Achmad Kharir. Dan kepada saudara Farid Firman, terima kasih atas pengabdian selama menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, yang sudah menjalin kerjasama yang baik antara Perwakilan BPKP Provinsi Riau dengan Pemerintah Daerah di Provinsi Riau.

Dadang Kurnia juga menyampaikan kerjasama yang baik selama ini antara Perwakilan BPKP Provinsi Riau dan Pemerintah Provinsi Riau harus terus ditingkatkan. Beberapa produk pengawasan berbasis IT yang dibangun oleh Perwakilan BPKP Provinsi Riau tidak lepas dari kerjasama antara Perwakilan BPKP Provinsi Riau dengan Pemerintah Provinsi Riau.

“Aplikasi MATA BANSOS, MATA UMKM dan saat ini sedang dibangun aplikasi SIERA APBN merupakan wujud nyata kerjasama yang sudah berjalan selama ini. Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Provinsi Riau dan Perwakilan BPKP Provinsi Riau atas inovasi yang dihasilkan dari kerjasama ini.” Kata Dadang.

Diakhir sambutan Dadang Kurnia menyampaikan dengan telah dilakukannya serah terima jabatan kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau dari pejabat lama ke pejabat yang baru, maka kami berharap akan membawa kita semua kepada kinerja yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Selain itu, kami juga berharap kerjasama dengan Pemerintah Daerah semakin meningkat.

Gubernur Riau mengharapkan, agar Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau yang baru ini dapat segera beradaptasi dan melakukan sinergi yang terintegrasi dan berkesinambungan dengan seluruh wilayah di Provinsi Riau.

"Sinergitas dan kolaborasi BPKP dengan Pemda di wilayah Provinsi Riau telah berjalan dengan baik selama ini semoga kedepannya terus lebih baik," harap Gubri.

Ia menuturkan, BPKP sebagai lembaga pengawasan telah memberikan kontribusi dalam mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, selain itu BPKP juga telah turut serta membantu dan mengawal program-program pemerintah daerah di masa pandemi Covid-19.

Dimana BPKP Perwakilan Provinsi Riau selalu hadir dalam memberikan masukan dan arahan guna efektivitas pencapaian program-program pemerintah daerah, termasuk pengawalan program penanggulangan dampak ekonomi akibat COVID-19 melalui transformasi digital.

Yaitu dengan kehadiran aplikasi Mata Bansos dalam pengawalan penyaluran bantuan sosial pemerintah Provinsi Riau dan aplikasi Mata UMKM dalam pengawalan bantuan bagi pelaku usaha mikro terdampak COVID-19 yang bersumber dari Pemerintah Provinsi Riau.

"Aplikasi Mata Bansos dan Mata UMKM yang merupakan hasil kolaborasi perwakilan BPKP Provinsi Riau dengan pemerintah daerah Provinsi Riau, adalah bentuk konkrit dari transformasi dan sinergi yang telah dibangun dan merupakan wujud nyata hadir dan manfaatnya BPKP dalam setiap program pemerintah daerah dalam penguatan tata kelola pemerintahan yang baik," ucapnya.

Usai acara pengukuhan dilanjutkan dengan penyerahan Ikhtisar Hasil Pengawasn Intern Semester I Tahun 2021 oleh bapak Farid Firman kepada Gubernur Riau.

Turut hadir  Asisten II, Asisten III, Kajati, Kalan BPK, Kepala OPD terkait, Forkopimda Riau dan tamu undangan lainnya.

(Kominfo BPKP Riau)