Perwakilan BPKP Provinsi Riau

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Riau

Tekad Pemkab Indragiri Hilir Raih Kapabilitas APIP Level 3
13 Maret 2019 13:24:48 / riau / dibaca: 392 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Menjadi terbaik pertama di Riau dan nomor enam se-Indonesia dalam penyelesaian Rencana Aksi (Renaksi) Korsupgah KPK Tahun 2018, sejalan dengan itu, Pemkab Indragiri Hilir (Inhil) juga telah mencapai Maturitas SPIP Level 3. Kali ini, Pemkab Inhil bertekad raih Kapabilitas APIP Level 3. 

Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan sampaikan apresiasi atas pembinaan BPKP dalam rangka pencegahan korupsi di daerahnya. Pada tahun lalu, Pemkabnya telah mendapat penilaian Level 3 untuk SPIP-nya, maka kali ini Bupati harapkan Inspektoratnya dapat juga meraih Level 3 Kapabilitas APIP. Demikian disampaikan Bupati pada Selasa, 12 Maret 2019, di rumah kediaman Bupati Inhil, Tembilahan, Riau.

Komitmen Bupati Inhil terhadap pencegahan korupsi tercermin bukan saja terlihat dari SPIP yang sudah sampai ke Level 3. Tetapi Pemkabnya juga menjadi terbaik pertama di Riau dan nomor enam se Indonesia dalam upaya menyelesaikan Rencana Aksi (Renaksi) Korsupgah KPK Tahun 2018.

Dalam jamuan sarapan pagi bersama Bupati, hadir juga Kepala Kejaksaan Negeri Inhil Susilo yang turut mendukung pencegahan korupsi dengan TP4D-nya di Negeri Hamparan Kelapa Dunia (sebutan lain untuk Inhil) itu.

Pada kesempatan itu, Inspektur Inhil Yanti, menyampaikan bahwa dari hasil Qualty Assurance Deputi PPKD BPKP atas Kapabilitas APIP Inspektorat Inhil, masih terdapat dua dari enam elemen yang masih berada pada level dua, sementara elemen lain sudah di level tiga. Selain itu, salah satu persyaratan mencapai Level 3 Kapabilitas APIP, sebagaimana tertuang dalam Perka BPKP, adalah telah dilaksanakannya Audit Kinerja oleh APIP yang bersangkutan. Maka, dalam tiga hari ke depan, Tim BPKP Riau diminta memberikan workshop atas Audit Kinerja, yang dibuka dengan pengarahan oleh Kaper BPKP Riau.

Kaper BPKP Riau Dikdik Sadikin, didampingi Korwas P3A Yulissa Ananda, menyambut baik upaya dan tekad  dari Bupati untuk mencegah korupsi di daerahnya. Apalagi telah terjalin hubungan yang baik dengan Kejaksaan Negeri bersama Tim TP4D-nya. Untuk itu, Dikdik harapkan Bupati tetap menjaga komitmen dan integritasnya demi menjaga apa yang telah dicapai daerahnya selama ini,  Kajari Inhil Susilo turut memberikan apresiasi kepada BPKP Riau atas kerjasamanya selama ini. Terkait Audit Kinerja, Susilo yang pernah menjadi peserta diklat audit di Pusdiklatwas BPKP di Ciawi itu, setuju bahwa audit tidak hanya sekadar dilihat dari sisi ekonomis dan efesiensinya saja. "Tetapi juga, harus melihat efektifitas hasil pekerjaan. Sehingga hasil yang dibangun dari anggaran daerah dapat terasa manfaatnya bagi masyarakat. Seperti di daerah lain, ada bangunan sekolah yang letaknya jauh dari masyarakat, atau bendungan yang jauh dari sungainya, sehingga tidak dapat termanfaatkan masyarakat. Maka audit harus sudah mulai dari perencanaan," ujar Susilo.

Sejalan dengan itu, dalam pengarahan pada Workshop Audit Kinerja di depan para auditor Inspektorat  Pemkab Inhil, didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Afrizal, Kepala Perwakilan BPKP Riau Dikdik Sadikin kembali menekankan pentingnya komitmen atas manfaat hasil pekerjaan Pemda kepada masyarakat, sehingga kemampuan melaksanakan audit kinerja menjadi persyaratan bagi APIP untuk dapat mencapai Kapabilitas APIP Level 3. Dalam level itu, APIP diharapkan dapat diandalkan dan mampu melaksanakan audit kinerja dalam kerangka Program Pengawasan Berbasis Risiko.

 

(HUMAS BPKP RIAU /  ENDANG HADIYANTI DAN MELVINA DAMANIK)



Share      

Berita Terkait:

08 Mei 2019 15:05:36 / riau / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Riau Sosialisasikan Pedoman Reviu Penyerapan Anggaran Triwulan I 2019
29 Januari 2019 10:16:20 / riau / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Seluruh Desa di Kampar Siap Implementasikan 100% Siskeudes Versi 2.0
29 Januari 2019 10:14:54 / riau / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Raih Penghargaan Penyaluran Dana Desa Terbaik se-Riau, Kuansing targetkan 100% Siskeudes Versi 2.0
01 Nopember 2018 13:38:34 / riau / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
SOSIALISASIKAN PEDOMAN PENGAWASAN PENGADAAN, BPKP HARAPKAN APIP SE RIAU TEKAN KEBOCORAN ANGGARAN
05 Mei 2018 20:08:31 / riau / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Riau Sosialisasikan Pedoman Reviu Penyerapan Anggaran Kepada APIP Riau


 


 

Selembayung Pengawasan