Perwakilan BPKP Provinsi Riau

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Riau

Kunjungan Kalan BPK RI Riau ke BPKP Riau Sinyal Penguatan Sinergi Pengawasan di Riau
25 Oktober 2018 17:23:27 / riau / dibaca: 1397 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Kalan BPK RI Riau yang baru Thomas Ipoeng Anjar Wasita kunjungi Kaper BPKP  Riau di ruang kerjanya. Ini merupakan kunjungan perdana setelah dilakukan sertijab Kalan baru itu di BPK RI Perwakilan Riau beberapa minggu lalu. Sebuah sinyal kuat meningkatnya sinergi antara auditor eksternal dan internal itu di Bumi Lancang Kuning.

Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Riau, Dikdik Sadikin didampingi para pejabat struktural di lingkungan BPKP Perwakilan Provinsi Riau menyambut baik kunjungan sinergitas Kalan BPK RI Perwakilan Provinsi Riau yang baru, Thomas Ipoeng Anjar Wasita, bersama jajaranya, Selasa (09/10/2018) di ruang kerja Kaper di Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Riau di Pekanbaru. Apresiasi disampaikanatas kehadiran Kalan BPK RI Riau yang baru itu.

Ada beberapa hal yang dibicarakan oleh dua Kepala Perwakilan yang sama-sama alumnus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) itu. Diantaranya, kesiapan BPKP Perwakilan Riau untuk membantu Pemda menindaklanjuti temuan BPK.

“BPKP senantiasa memberdayakan pengawasan di Pemda, khususnya dalam rangka meningkatkan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP),” ujar Kaper BPKP Riau itu.

“Di dalam SPIP, salah satu alat pencapaian tujuan organisasi adalah keandalan laporan keuangan, yang antara lain tercermin dari hasil pemeriksaan BPK berupa opini,” imbuh Dikdik. "Untuk itu, sinergi antara BPK dan BPKP menjadi penting. Karena temuan BPK tentunya harus dapat ditindaklanjuti dan tidak berulang pada tahun berikutnya. Sementara, SDM yang mengelola keuangan di Pemda masih banyak yang bukan berlatar belakang akuntansi, sehingga diperlukan transfer of knowledge dari BPKP agar kualitas pengelolaan keuangan daerah dapat meningkat, disamping Inspektoratnya sendiri sebagai APIP perlu ditingkatkan kapabilitasnya. Maka, dalam kerangka SPIP ini lah dorongan kepada pengawasan sebagai proses yang terintegrasi dengan kegiatan secara terus menerus itu semoga dapat terwujud."

Kalan BPK RI Provinsi Riau Ipoeng sepakat untuk meningkatkan sinergi pengawasan tersebut dan senantiasa membuka komunikasi dan koordinasi. Disampaikan kunjungan serupa seperti di BPKP Riau itu juga dijalin BPK Riau dengan para aparat penegak hukum di Riau. Sehingga dapat semakin mengokohkan pengendalian dan pengawasan di Bumi Lancang Kuning.  

Humas BPKP Riau/Setia Hadi Pranoto



Share      

Berita Terkait:

08 April 2019 09:00:04 / riau / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kaper BPKP Riau Lantik 11 Orang PNS Baru di Lingkungan BPKP Riau
08 April 2019 08:56:29 / riau / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Riau Gelar Upacara Pembukaan PORSENI HUT BPKP Ke-36
12 Pebruari 2019 12:07:56 / riau / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Riau Selenggarakan Library Cafe
19 Desember 2018 14:44:21 / riau / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Riau Gelar Acara Pelepasan dan Penyambutan Pejabat Pengawas, Purnabhakti, PNS dan CPNS baru
19 Desember 2018 10:45:08 / riau / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kaper BPKP Riau Lantik Pejabat Struktural di Lingkungan BPKP Perwakilan Provinsi Riau


 


 

Selembayung Pengawasan