Perwakilan BPKP Provinsi Riau

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Riau

Terima Hasil QA Maturitas SPIP Level 3, Bupati Pelalawan Himbau Jajarannya Membiasakan yang Benar
16 September 2018 08:03:54 / riau / dibaca: 1170 kali / Kat: SPIP

Pencapaian Maturitas SPIP ke Level Tiga, menurut Bupati Pelalawan, memberikan semangat untuk senantiasa membiasakan yang benar, bukan membenarkan yang biasa. Manajemen OPD beserta Inspektorat dimintanya untuk menjaga hal itu.

“Dengan telah tercapainya Maturitas SPIP Pemkab Pelalawan ke Level Tiga, setiap pegawai Pemkab Pelalawan harus membiasakan yang benar: jangan membenarkan yang biasa,” demikian dikatakan HM Harris, Bupati Pelalawan, di hadapan seluruh jajarannya ketika Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin serahkan Laporan Hasil Quality Assurance (QA) atas Penilaian Tingkat Maturitas Penyelenggaraan SPIP (Self Assessment) Pemerintah Kabupaten Pelalawan Tahun 2017, pada Senin (10/9/2018) di aula Kantor Bupati Pelalawan di Pangkalan Kerinci.

Laporan Hasil QA tersebut, dengan Surat Pengantar Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (PPKD) Nomor SP-1249/D3/02/2018, menunjukkan penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP pada Pemerintah Kabupaten Pelalawan telah memenuhi karakteristik maturitas penyelenggaraan SPIP Level 3 atau terdefenisi.

Terkait dengan pencapaian level itu, Bupati Pelalawan HM Harris merespon positif dan berjanji mempertahankan penilaian tersebut. Untuk itu, penegakkan aturan yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat menjadi upaya yang harus terus menerus dilakukan diri dan jajarannya. Karena, menurutnya, seringkali kebiasaan di Pemda yang sesungguhnya salah, baik secara aturan maupun kepatutan, dianggap benar karena dilakukan berulang kali dan secara berjamaah, tanpa diikuti dengan sanksi atau teguran yang berarti. Padahal, hal itu sangat rentan dan membawa risiko di kemudian hari. 

“Karena itu, setiap pegawai harus diberikan pemahaman mana yang benar dan mana yang salah sesuai aturan berlaku. Disamping itu, kegiatan harus ada standar operasional prosedur (SOP)-nya dengan pedoman yang sesuai dengan peraturan. Hal ini harus menjadi perhatian kepada para Kepala OPD, apabila diketahui ada hal yang salah dalam lingkup kerjanya, harus segera memperbaiki kepada hal yang benar. Tidak saja menegur bawahannya, tetapi juga komitmen kepada diri sendiri untuk tidak membiasakan yang salah. Meskipun, hal itu sudah menjadi kebiasaan. APIP, dalam hal ini Inspektorat Pelalawan, juga harus segera memberikan peringatan secara dini dalam pengawasannya sejak di awal proses kegiatan. Tidak ada tawar menawar. Setiap OPD, apabila menemui permasalahan dan ada keraguan, tanyakan kepada pihak-pihak yang ahli dengan permasalahan yang dihadapi. Antara lain, kepada BPKP,” lanjut HM Harris.  

Keseriusan Bupati Pelalawan HM Haris ditunjukkan dengan dituangkannya upaya peningkatan level Maturitas SPIP dan penguatan Kapabilitas APIP dalam RPJMD 2016-2021 Pemkab Pelalawan.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin didampingi Korwas Bidang APD Sumirat pagi itu, selain menyampaikan laporan dengan surat pengantar Deputi PPKD, juga  memberikan apresiasi kepada Bupati Pelalawan berupa piagam penghargaan. Dikdik memberikan pesan kepada bupati agar senantiasa mempertahankan komitmen tersebut. Disamping itu, upaya menyelaraskan RPJMD Pemkab Pelalawan dengan RPJMN menjadi perhatian tersendiri bagi Kaper BPKP Riau itu. “Keselarasan tersebut adalah wujud kepedulian Pemkab Pelalawan akan capaian pemerintah secara nasional bernegara. Bukan saja sekadar capaian lokal daerah, tetapi juga capaian secara nasional. Karena, sesuai aturan, pemerintah tidak lagi membuat GBHN. Lagi pula, pada dasarnya, tidak ada nasional kalau tidak ada daerah. Bahkan penduduk Jakarta sendiri pun penduduk daerah, yaitu Pemda DKI. Dengan demikian keselarasan perencanaan dan capaian target Pusat-Daerah menjadi keniscayaan untuk membangun bersama NKRI ini. Termasuk level SPIP dan APIP ini,” ujar Dikdik.

Sungguh pun telah mencapai Level 3 Maturitas SPIP, Kaper BPKP Riau, sesuai surat Deputi PPKD, mengingatkan Bupati Pelalawan akan beberapa hal yang perlu disempurnakan, atau disebut juga area of improvement (AOI), berupa peningkatan atau penguatan beberapa parameter sub unsur di dalam SPIP.

“Terkait dengan hal itu, kami menyarankan kepada Bupati Pelalawan untuk mengintruksikan Sekretaris Daerah dan Inspektur Kabupaten Pelalawan selaku Ketua Satgas SPIP dan Tim penilai untuk melakukan evaluasi penyelenggaraan SPIP Kabupaten Pelalawan secara berkala. Hal mana komitmen itu juga harus tergambar dengan anggaran yang mendukung kinerja Inspektorat”, ujar Kaper BPKP Riau.

Khusus, kepada Inspektur Kabupaten Pelalawan, Dikdik meminta agar menerbitkan laporan hasil penilaian maturitas SPIP (Self Assessment) sesuai dengan hasil QA yang telah dilakukan oleh BPKP.

Bupati Pelalawan HM Haris mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD yang telah bekerja keras dalam kegiatan Self Asessment untuk mencapai tingkat maturitas SPIP Level 3 di tahun 2017. Terima kasih juga disampaikan kepada BPKP, yang telah mendorong dan memberikan arahan serta bimbingan teknis kepada Satgas SPIP di seluruh OPD Pemerintah Kabupaten Pelalawan, sehingga tujuan tercapainya pemenuhan karakteristik maturitas penyelenggaraan SPIP Level 3 atau terdefenisi dapat terwujud.

“Hal ini merupakan bentuk komitmen kita bersama dalam mewujudkan Good Governance and Clean Governance dengan membenahi kinerja dalam mencapai visi dan misi Pemerintahan  Kabupaten Pelalawan”, ujar Bupati Pelalawan HM Haris pagi itu.

Acara penyerahan hasil QA Maturitas SPIP tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati PelalawanDrs H. Zardewan, MM, Sekda Kabupaten Pelalawan, Tengku Mukhlis dan Inspektur Kabupaten Pelalawan,  Muhammad Irsyad SH M.Hum serta para kepala OPD dan para Satgas para Tim Asessor dan counter part SPIP Pemerintahan Daerah Kabupaten Pelalawan.

Humas BPKP Riau/Setia Hadi Pranoto



Share      

Berita Terkait:

07 Maret 2019 11:11:38 / riau / dibaca: kali / Kat: SPIP
Gelar Rakerwas Tahun 2019, Itwasda Polda Riau gandeng BPKP Riau
28 Januari 2019 16:30:38 / riau / dibaca: kali / Kat: SPIP
ASN BPKP Perwakilan Riau Tandatangani Pakta Integritas
25 Oktober 2018 12:16:32 / riau / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bupati Kuansing Serahkan Hasil Self Assessment Maturitas SPIP Kepada Kaper BPKP Riau
14 Oktober 2018 12:45:26 / riau / dibaca: kali / Kat: SPIP
Capai Level 3 Maturitas SPIP, Bupati Kampar Bertekad Tingkatkan Kinerja Pemkabnya
27 September 2018 14:21:35 / riau / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kabupaten Kepulauan Meranti, Pemkab Termuda di Riau, Capai Maturitas SPIP Level Tiga


 


 

Selembayung Pengawasan