Perwakilan BPKP Provinsi Riau

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Riau

APIP Riau diharapkan Mampu Melakukan Audit Kinerja dengan Obyektif
11 Juli 2018 10:22:48 / riau / dibaca: 311 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Pemerintahan yang baik dan  bersih merupakan tujuan dari terciptanya birokrasi yang profesional, berintegritas dan  berkinerja tinggi serta bebas dari KKN. Untuk mengarah kepada hal itu, APIP diharapkan mampu  melakukan audit kinerja  secara obyektif kepada setiap stakeholders, dengan pengelolaan SDM secara efisien, efektif dan  ekonomis.

“Peningkatan pemahaman konsep audit berbasis indikator kinerja menjadi salah satu hal penting bagi para Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) agar bisa melakukan audit kinerja dengan baik. Sehingga, dalam melakukan penilaian atas pencapaian kinerja pemerintah, APIP tidak bersifat subjektif. Tetapi, berdasarkan pada indikator-indikator kinerja yang objektif. Dalam hal ini, APIP juga harus bisa membuat kenyamanan, keamanan dan  pengendalian yang baik, yang mengarah kepada pemerintahan dengan tata kelola yang baik dan bersih,” demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Dikdik Sadikin dalam sambutannya sekaligus membuka Diklat Substansi Audit Berbasis Kinerja bagi APIP di lingkungan Inspektorat se-Provinsi Riau dan  Kepulauan Riau, Senin pagi (9/07/2018) di aula Kantor BPKP PerwakilanProvinsi Riau, Pekanbaru.

“APIP merupakan salah satu unsur manajemen pemerintah yang penting untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang professional dengan karakteristik adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan  kode etik aparatur negara. Untuk itu, APIP diharapkan menjadi agen perubahan yang dapat menciptakan nilai tambah pada layanan pemerintah.,” ujar Dikdik Sadikin.

Melalui diklat audit berbasis kinerja ini, diharapkan Kaper BPKP Riau itu, APIP dapat melaksanakan tugas audit kinerja dengan baik, sesuai dengan harapan stakeholders¸ yaitu pengelolaan sumber daya yang efektif, efisien dan ekonomis.  Sejalan dengan pasal 50 Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, audit kinerja merupakan audit atas pengelolaan keuangan negara dan  pelaksanaan tugas dan  fungsi instansi pemerintah yang terdiri atas aspek kehematan, efisiensi dan  efektifitas. "Itu sebabnya, peran APIP semakin lama semakin dirasakan strategis dan  bergerak mengikuti kebutuhan zaman," imbuh Dikdik Sadikin. Untuk itu, di hadapan 36 orang peserta diklat dari Inspektorat Se-Provinsi Riau dan Kepri, Dikdik Sadikin menekankan pentingnya APIP mengawal pemda masing-masing, sejak perencanaan sampai dengan pelaporan dan pertanggungjawaban.

Sementara itu, Ketua Panitia, Kemal Ramdan  mengatakan, pelaksanaan diklat ini dilaksanakan di Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Riau di Pekanbaru, selama 50 jam latihan atau 5 hari kerja, mulai dari hari Senin tanggal 9 Juli sampai dengan hari Jumat tanggal 13Juli 2018.

Pembukaan Diklat Substansi Audit Berbasis Kinerja bagi Inspektorat Se-Provinsi Riau dan Kepulauan Riau itu, juga dihadiri oleh Plt Inspektur Kota Pekanbaru, Maryedi.

Humas BPKP Riau/Setia Hadi Pranoto



Share      

Berita Terkait:

06 September 2018 13:52:18 / riau / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
APIP Daerah Sebagai Mata Telinga Manajemen Daerah
26 Juli 2018 09:52:53 / riau / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Pembentukan Auditor Ahli: Membuang Stigma Lama APIP
11 Juli 2018 12:13:28 / riau / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Tantangan Pencapaian Target RPJMN Melalui Audit Berbasis Risiko
03 Juli 2018 16:59:27 / riau / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
BPKP Riau Gelar Diklat Substansi Audit Berbasis Risiko Bagi APIP Riau dan Kepri
30 April 2018 15:02:40 / riau / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Urgensi Kapabilitas APIP dalam Mengawal Kinerja Pemerintah


 


 

Selembayung Pengawasan