Perwakilan BPKP Provinsi Riau

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Riau

E-Samsat Riau, Nostalgia dan Mimpi Plt Gubernur Riau Bersama BPKP yang Kini Terwujud
06 Juni 2018 13:54:25 / riau / dibaca: 583 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Plt. Gubernur Riau memiliki nostalgia dan mimpi bersama BPKP saat dirinya menjadi Kepala Dispenda sekitar 35 tahun yang lalu. Mimpi itu adalah memiliki sistem on line pembayaran pajak asli daerah (PAD), yang antara lain dapat menekan korupsi sekaligus mengoptimalkan PAD. Kini mimpinya terwujud.

 

“Akhirnya mimpi saya terwujud. Dulu sekitar tahun 1983, saya punya nostalgia sebagai Kepala Dispenda bersama BPKP. Waktu itu, kami mememeriksa para wajib pajak daerah untuk dapat meningkatkan penerimaan asli daerah. Dulu, kami bermimpi, seandainya saja kita punya sistem yang langsung on-line, dengan penghitungan yang akurat dan langsung dapat diterima di rekening daerah, tentu pendapatan daerah pun dapat lebih cepat terkumpul dengan jumlah optimal, daripada kami harus mengejar-ngejar wajib pajak waktu itu. Alhamdulillah, hari ini, mimpi itu terwujud,”  demikian Plt. Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim saat didaulat memberikan sambutan pada peresmian e-Samsat Provinsi Riau sekaligus peresmian layanan samsat pada jaringan Kantor Bank Riau Kepri (BRK), Kamis (31/5/18) di Ballroom Dang Merdu BRK, Pekanbaru, yang dihadiri antara lain Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Dikdik Sadikin.

Dengan sistem on-line ini, menurut Wan Thamrin, risiko korupsi dapat ditekan, kenyamanan pengguna terwujud, dan birokrasi perpajakan daerah pun menyusut. Disamping pelayanan yang lebih baik itu, akurasi penghitungan pajak dan akuntabilitasnya pun dapat lebih transparan. Diharapkan Wan Thamrin, KPK dan BPKP Perwakilan Riau dapat turut serta mengawasi keandalan sistem e–Samsat Provinsi Riau ini.

Pada acara yang merupakan kerjasama antara Bapenda Provinsi Riau, Jasa Raharja Perwakilan Riau dan Polda Riau bersama Bank BRK itu, selain Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin, hadir pula Kapolda Riau Nandang, Dirut Bank Riau Kepri Dr Irvandi Gustari dan Koordinator KPK Wilayah II Sumatera Adlinsyah M. Nasution.

Namun, dalam sambutannya, Kapolda Riau Nandang menggaribawahi beberapa hal yang menjadi catatannya. "Prosperity (pendapatan) dan security (keamanan) selalu menjadi hal yang tarik menarik dan menuntut pertimbangan, “ demikian Kapolda Riau Nandang.  “Terus terang, dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dengan sistem yang lebih cepat melalui e-samsat ini, ada sisi pertimbangan security yang harus dikalahkan. Dengan sistem on-line ini, kami tidak lagi bisa mengecek apakah mobil yang bersangkutan sudah ganti cat atau kah sudah berubah peruntukannya. Hal ini sebenarnya penting untuk security. Tapi demi prosperity itu, kami mengalah. Demi kelancaran dan kecepatan pelayanan, menekan peluang korupsi, meningkatkan pendapatan daerah dan kenyamanan pengguna, kami percayakan security terkait hal itu kepada Pemprov.”

Pihak KPK yaitu Koordinator Wilayah II Sumatera Korsup Pencegahan Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Adlinsyah M. Nasution yang didampingi Koordinator Wilayah Juned Junaidi memberikan apresiasi dan memuji peluncuran e samsat di Riau ini melalui Bank BRK. Program e samsat Riau ini dapat diunduh langsung melalui playstore pada Android. Selain itu, program e samsat yang dimiliki oleh bank berlogo tiga layar terkembang ini terintegrasi secara online untuk seluruh wilayah Riau. “Dengan adanya e-Samsat Riau ini maka tidak ada celah lagi ada kebocoran pada pembayaran pajak kendaraan. Hal ini diharapkan akan menaikkan pertumbuhan PAD Riau secara signifikan,” ujar pria yang akrab dipanggil “Coki” itu.

Dengan resminya e-samsat Riau ini, maka pajak kendaraan dapat dibayarkan melalui ATM Bank Riau dan semua kantor jaringan Bank BRK dimana pun berada, termasuk pada hari Sabtu dan Minggu. Itu sebabnya, menurut Kabapenda Riau Indra, tidak ada alasan lagi  bagi pemilik kendaraan untuk menunda atau tidak bayar pajak kendaraan bermotor mereka. “Dalam dua bulan ke depan,” menurut Dirut BRK Irvandi Gustari, “pembayaran pajak kendaraan bermotor di Riau sudah bisa pula melalui mobile banking.”

Launching e-Samsat Riau ini ditandai dengan penandatangan MoU serta menekan tombol sirene secara bersama-sama oleh para pejabat yang hadir.

(HUMAS BPKP RIAU / Setia Hadi Pranoto)



Share      

Berita Terkait:

06 Agustus 2018 09:37:21 / riau / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Kaper BPKP Riau Lepas Empat Pegawai
29 Juni 2018 08:53:45 / riau / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BERPAKAIAN ADAT MELAYU, PARA PEGAWAI BPKP RIAU SELENGGARAKAN HALAL BI HALAL
28 Juni 2018 15:21:43 / riau / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Diharapkan Turut Dukung Muatan Lokal Budaya Melayu di Riau
08 Juni 2018 11:25:53 / riau / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Bersama Khatamkan Al Qur\'an, Para Pegawai BPKP Riau Dipesankan Optimalkan Berkah di Ujung Ramadhan
03 Juni 2018 13:15:58 / riau / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Riau Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila


 


 

Selembayung Pengawasan