BPKP Riau Lakukan Monitoring Penyelenggaraan SPIP pada Kabupaten Pelalawan dan Inhil Riau.

“SPIP merupakan suatu sistem terintegrasi yang harus diikuti oleh semua elemen dalam organisasi kepemerintahan. SPIP ini harus diikuti oleh semua elemen yang ada, sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan/berlaku. SPIP adalah sistem yang harus dibangun oleh semua OPD yang ada di Pemerintah Daerah termasuk Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hilir.” Demikian ungkap Kepala Perwakkilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin dalam pemutupan monitoring terhadap kegiatan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (16/11/2017) di Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Riau di Pekanbaru.

Monitoring terhadap kabupaten tersebut dilakukan BPKP Perwakilan Provinsi Riau dalam rangka peningkatan pencapaian Maturitas SPIP level 3 di tahun 2017 oleh 2 pemda kabupaten tersebut. Monitoring kali ini merupakan tindak lanjut dari monitoring sebelumnya yang dilaksanakan secara serentak terhadap 4 kabupaten, yakni Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Indragiri Hilir pada tanggal 23 sampai dengan 27 Oktober 2017 di Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Riau di pekanbaru.

Pelaksanaan monitoring ini dilakukan langsung oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) SPIP BPKP Perwailan Provinsi Riau dari tanggal 14 sampai dengan 16 November 2017 di Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Riau di Pekanbaru. Pelaksanaan monitoring terhadap penyelenggaraan SPIP ini diikuti langsung oleh Satgas SPIP termasuk sektreris OPD dan Inspektur dari masing-masing Pemda kabupaten.

Hasil monitoring yang dilakukan oleh Tim Satgas SPIP BPKP Perwakilan Provinsi Riau dari tanggal 14 sampai dengan 16 November 2017 sesuai dokumen yang disampaikan Pemerintah Kabupaten Pelalawan mendapat skor 3,449 atas penyelenggaraan pelaksanaan SPIP. Sementara, Pemda Kabupaten Indragiri Hilir mendapat skor 3,184. Namun demikian, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau mengatakan, capaian Level 3 saat ini masih bersifat sementara berdasarkan dokumen yang disampaikan kepada Tim satgas SPIP BPKP Perwakilan Provinsi Riau. Kedepan masih akan di lakukan Self-Assessmentdan Quality Assurance yang nantinya akan disampaikan ke BPKP pusat untuk di tetapkan capaian SPIP dengan Level 3 ini.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin sangat mengapresiasi terhadap peningkatan capaian Maturitas SPIP Level 3 pada Pemerintah Kabupaten Pelalawan dan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, yang secara dokumen telah mencapai level 3 di tahun 2017. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau berharap agar capaian tersebut dapat dijaga. Karena menurutnya capaian tersebut bukan merupakan suatu hal yang bersifat permanen.

Humas BPKP Riau/Setia Hadi Pranoto