Perwakilan BPKP Provinsi Riau

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Riau

Diklat Pembentukan Auditor Ahli Wilayah Riau Tahun 2017 Telah Selesai Dilaksanakan oleh BPKP Riau.
04 Oktober 2017 16:06:10 / riau / dibaca: 138 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Diklat Pembentukan Auditor Ahli Bagi APIP di Wilayah Riau Tahun 2017 Telah Selesai Dilaksanakan BPKP. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin Isyaratkan Kepada APIP untuk Memegang Teguh Sikap Independensi dan Penguatan SPIP di Masing-masing Pemda.

Diklat Pembentukan Auditor Ahli bagi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) di Lingkungan Inspektorat di wilayah Provinsi Riau, Kabupaten Kepulauan  Anambas Kepulauan Riau dan BPKP Perwakilan Provinsi Riau tahun 2017 telah resmi ditutup, Selasa (03/10/2017) oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin. Penutupan diklat tersebut dihadiri oleh Inspektur Provinsi Riau Evandes Fajri bersama Sekretaris Inspektur Kota Pekanbaru Maryedi, para pejabat struktural Kabag dan Korwas serta para Instruktur dari BPKP Perwakilan Provinsi Riau.

Ketua Panitia penyelenggara diklat Pembentukan Auditor Ahli dari BPKP Perwakilan Provinsi Riau, R Kemal Ramdan mengatakan, diklat ini  terselenggara atas kerjasama BPKP Perwakilan Provinsi Riau dengan Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor (Pusbin JFA) dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan (Pusdiklatwas) BPKP melalui Progam STAR BPKP dan Asian Development Bank (ADB) selaku penyandang dana. “Diklat ini dilaksanakan di Hotel Pangeran Pekanbaru sejak tanggal 18 September 2017 sampai dengan tanggal 3 Oktober 2017 hari ini”, ungkap R Kemal Ramdan.

Selain itu, R Kemal Ramdan juga mengatakan bahwa, 29 peserta diklat Pembentukan Auditor Ahli wilayah Riau tahun 2017 ini, keseluruhannya dapat mengikuti dengan baik dan materi diklat juga dapat di sampaikan seluruhnya.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin saat menyampaikan sambutan, sekaligus menutup dengan resmi pelaksanaan diklat ini berharap agar diklat pembentukan auditor ahli ini dapat memberikan kontribusi nyata di dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di wilayah Provinsi Riau, sekaligus dapat meningkatkan kapabilitas APIP sesuai yang di amanahkan pemerintah di dalam RPJMN 2015-2019. Disana disebutkan bahwa prosentase kapabiltas APIP, 85 persen harus berada pada level 3 di akhir tahun 2019.  Selain itu, Dikdik Sadikin mengatakan dengan diselengarakannya diklat ini sekaligus juga dapat memberikan kontribusi bagi APIP Pemerintah Daerah, kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Riau, yang saat ini masih kekurangan auditor. Berdasarkan data Pusbin JFA per Januari 2017 disebutkan, jumlah auditor di wilayah Riau baru tercatat 113 auditor dari formasi 550 auditor untuk 13 Inspektorat kabupaten kota, dan secara keseluruhan untuk APIP kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Riau masih kekurangan 437 auditor.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti diklat dengan baik dan sungguh-sungguh hingga selesai. Dikdik Sadikin berharap, semua peserta bisa lulus dalam ujian sertifikasi dan ilmu yang telah didapatkan selama diklat dapat segera diterapkan pada Pemda masing-masing. Dikdik Sadikin mengatakan BPKP akan terus bekerjasama dengan Inspektorat daerah, baik kabupaten dan kota juga Inspektorat provinsi untuk memberikan pendampingan dan pengawasan kepada Pemerintah Daerah guna mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik di wilayah Riau.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Dikdik Sadikin pada kesempatan tersebut juga menyinggung terkait peran Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan APIP dalam mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik. Mengutip pernyataan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata pada acara workshop peningkatan kapabilitas APIP di Kantor BPKP Perwakilan Provinsi Riau beberapa minggu lalu, yang dipertegas kembali oleh Koordinator Korsupgah KPK, Wawan Mardiana pada Rapat Koordinasi Pengawasan Riau yang membahas Maturitas SPIP, Kapabilitas APIP, Keuangan Desa dan Simda Perencanaan pada Rabu pagi tanggal 27 September 2017 lalu di Gedung Daerah Provinsi Riau di Pekanbaru, yang juga menekankan tentang pentingnya peningkatan maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP di dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Untuk ‘menggiring’ kepada hal tersebut, APIP juga diharapkan mampu menjadi early warning system di dalam pelaksanaan penyelengaraan pemerintahan di daerah. Undang Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Adminstrasi Pemerintahan, APIP dengan jelas dimaksudkan untuk menciptakan tertib penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan, menciptakan kepastian hukum dan mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang serta menjamin akuntabilitas para Pejabat Pemerintahan baik pusat maupun daerah.

Melalui diklat pembentukan auditor ahli ini, Dikdik Sadikin berharap bisa menambah wawasan dan pengetahuan serta kemampuan para APIP khususnya wilayah Riau, yang nantinya diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai peran dan fungsinya. APIP juga diharapkan menjadi lebih kuat, tangguh dan handal serta independen di dalam melaksanakan tugasnya. "Saya berharap, APIP yang telah mengikuti diklat pembentukan auditor ahli selama + 15 hari ini, dapat bertambah wawasan dan ilmu pengetahuannya serta kemampuannya. Sehingga, kelak akan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai peran dan fungsinya. APIP juga  saya harapkan menjadi lebih kuat, tangguh dan handal serta tetap memegang teguh sikap independensi sebagai seorang auditor di dalam melaksanakan tugasnya", pungkas Dikdik Sadikin.

Humas BPKP Riau/Setia Hadi Pranoto



Share      

Berita Terkait:

13 September 2017 13:41:21 / riau / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Surat KPK pada Diklat Peningkatan Kapabilitas APIP Pemda se-Provinsi Riau
02 Agustus 2017 11:16:12 / riau / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pacu Capaian Target RPJMN 2015-2019, BPKP Riau Gelar Diklat Bagi APIP Riau dan Kepri
19 Mei 2017 10:05:10 / riau / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Pemkab Bengkalis Tingkatkan Kapabilitas APIP
06 April 2017 23:23:52 / riau / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
DAMPAK PERATURAN BARU PADA HASIL DIKLAT JFA
14 Maret 2017 16:41:23 / riau / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
APIP Sebagai Early Warning System Bagi Pemerintah Daerah


 


 

Selembayung Pengawasan