Perwakilan BPKP Provinsi Riau

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Riau

BPKP Riau Siap Masuk Desa
31 Mei 2015 21:06:50 / riau / dibaca: 4664 kali / Kat: SPIP

Dalam rangka mendorong program kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk memajukan Negara Kesatuan Repubik Indonesia sesuai denganNAWACITA butir ke-3 yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI, Pemerintah telah menerbitkan seperangkat peraturan terkait dengan desa yaitu Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Pemerintah No 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara yang telah direvisi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2015. Khusus terkait dengan pengelolaan keuangan desa, juga telah diterbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Seiring dengan NAWACITA tersebut, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) berdasarkan PP.No.192 Tahun 2014 mempunyai fungsi sebagai pengawasan (assurent) dan pengawalan (consulting). Khusus untuk dana desa, BPKP akan mengedepankan fungsi pengawalan terhadap pengelolaan dana desa yang berpotensirawan terjadi penyimpangan atau kebocoran. Oleh karena itu, BPKP Perwakilan Provinsi Riau sangat mengedepankan preventif dalam bentuk pendampingan kepada Desa agar dana yang diterima baik dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota dapat digunakan denganefektif,  tepat sasaran sesuai dengan yang di rencanakan.Aliran Dana Desa disajikan pada gambar berikut:

Sebagaimana diketahui Provinsi Riau memiliki 1592 desa dengan anggaran mencapai lebih kurang Rp5 miliar per desa sehingga tidak memungkinkan BPKP untuk melakukan pengawalan sendiri.Perwakilan BPKP Provinsi Riau akan bersinergi dengan Inspektorat selaku aparat pengawasan intern pemerintah baik kabupaten/kota maupun provinsi untuk terjun masuk desa melakukan pengawalan bersama. Bentuk pengawalan tersebut mulai dari perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban khususnya terkait dengan pengelolaan anggaran dana desa ini.

BPKP akan berkomitmen untuk mendampingi Desa dalam bentuk Sosialisasi, Pelatihan,  Pendampingan penyusunan SOP dan Peraturan-peraturan terkait desa lainnya. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau juga memberikan masukan kepada Kepala Desa untuk melakukan rekrutment tenaga pengelola dana desa jika dirasa masih kurang. Hal ini sesuai dengan PP No.43 dan Kemendagri No. 113 dimana Kepala Desa di beri kewenangan untuk mengatur 30% dari jumlah anggaran belanja desa dapat digunakan penghasilan tetap dan tunjangan kepala Desadan perangkat Desa; Operasional Pemerintah Desa; Tunjangan dan operasional BPDdaninsentif rukun tetangga dan rukun warga.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Panijo berharap pengelola dana desa yang akuntabel ini bukan hanya tanggungjawab Kepala Desa saja tetapi juga Perangkat Desa yang lain termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Selaku mitra desa, BPD juga harus mengerti bagaimana mekanisme perencanaan dan pengelolaan anggaran dana desa karena nantinya BPD yang akan mengawasi langsung di desa.

Peran BPKP terkait dengan pengelolaan dana desa ini juga pernah di sampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Panijo bersama Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Riau,Ahmad Syah Harofie dan Penghulu (nama lain Kepala Desa) Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Juprianto dalam acara Dialog Khusus TVRI Riau dengan tema “Pengawasan Dana Desa” bersempena dengan HUT BPKP Ke-32 Tahun 2015 yang disiarkan langsung melalui Studio 2 TVRI Riau, Rabu 27 Mei 2015 kemarin.hdi



Share      

Berita Terkait:

24 Maret 2017 13:46:55 / riau / dibaca: kali / Kat: SPIP
Rakerwas Itwasda Polda Riau Tahun 2017 Siratkan Komitmen Kapolda Riau Berantas Korupsi
30 Desember 2016 15:04:42 / riau / dibaca: kali / Kat: SPIP
Fenomena Gula dan Semut dalam Keuangan Desa di Siak
13 Pebruari 2015 17:35:14 / riau / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pemaparan Hasil Clearance Assets PTPN V
08 Januari 2015 08:53:44 / riau / dibaca: kali / Kat: SPIP
Menyambut Tahun 2015 BPKP Riau Helat Rapat Kerja
09 Desember 2014 09:00:16 / riau / dibaca: kali / Kat: SPIP
Perwakilan BPKP Provinsi Riau Gelar Workshop Penyusunan RTP atas Penyelenggaraan SPIP


 


 

Selembayung Pengawasan