Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

200708 - Etika Birokrasi

KAJIAN ETIKA BIROKRASI DI PEMERINTAHAN
(LHP-828/LB/2007 Tanggal 15 November 2007)

ABSTRAKSI

Kajian ini dilakukan untuk memberikan gambaran dan pengertian mengenai konsep etika birokrasi di pemerintahan. Kajian ini menggunakan literature review untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai konsep etika birokrasi. Kajian ini didasarkan pada data yang tersedia dan bentuk organisasi yang dikaji adalah pemerintahan bukan korporasi dengan ruang lingkup antara lain meliputi: pengertian etika birokrasi dan alasan pentingnya etika birokrasi serta keterkaitannya dengan budaya organisasi secara teoritis dan upaya penerapan etika birokrasi di tiga negara (Australia, New Zealand, dan Amerika Serikat).

Berdasarkan kajian ini etika birokrasi diartikan sebagai sistem yang berisikan prinsip-prinsip moral atau aturan-aturan perbuatan yang mengendalikan atau mempengaruhi kebiasaan pegawai negeri dalam menjalankan sistem pemerintahan secara hierarki dan jenjang jabatan. Dengan berpegang pada nilai-nilai (jujur, adil, tepat janji, taat aturan, tanggung jawab, responsif, hati-hati, dan sopan santun), maka aparat pemerintah dapat menjalankan pemerintahan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sesuai dengan harapan sehingga memelihara kepercayaan masyarakat terhadap mereka. Etika berguna untuk membantu orang dalam menentukan respon moral terhadap suatu situasi atau arah tindakan yang tidak jelas; menuntun pimpinan dalam memutuskan apa yang harus dilakukan pada berbagai situasi yang berbeda; dan membantu pimpinan dalam memutuskan bagaimana merespon tuntutan berbagai stakeholder organisasi yang berbeda.

Dalam hal pemilihan nilai-nilai etika penyelenggara negara perlu ditetapkan nilai-nilai etika yang akan dilaksanakan oleh seluruh penyelenggara negara sesuai dengan harapan rakyat dan pemerintah serta dapat dilaksanakan. Agar nilai-nilai etika birokrasi dapat dilaksanakan diperlukan payung hukum yang menjadi acuan seluruh aturan etika di bawahnya dan terhadap aturan yang sudah ada perlu diharmonisasi atau diubah.

Manfaat dari kajian ini adalah untuk memberi masukan bagi para pimpinan dalam memahami dan mengimplementasikan etika birokrasi yang efektif di instansinya.

Kata kunci: etika, birokrasi, budaya, nilai-nilai.


Share   
Kontak Kami

Saran dan Informasi disampaikan melalui : 
PUSLITBANGWAS BPKP
Gedung BPKP Pusat Lt. 11
Jl. Pramuka No. 33
Jakarta Timur

021-85910031 Ext.1124


Fax. 021-85910161

puslitbangwas up@bpkp.go.id