Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

Visi Puslitbangwas

"Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan Yang Terpercaya"

 

Makna visi Puslitbangwas BPKP tersebut terkandung dalam tiga kata kunci, yaitu Pusat Penelitian dan Pengembangan, Pengawasan, dan Tepercaya.

Pusat Penelitian dan Pengembangan

          Puslitbangwas merupakan unit kerja pendukung BPKP yang tugas dan fungsi utamanya di bidang penelitian dan pengembangan. Wujud dukungan Puslitbangwas adalah sebagai pusat acuan dan rujukan bagi pimpinan BPKP dalam pengambilan keputusan, kebijakan, dan penyusunan prosedur  pelaksanaan tugas dan fungsi BPKP. Selain bagi BPKP, hasil-hasil penelitian dan pengembangan juga diharapkan dapat menjadi pusat rujukan bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) lainnya, mengingat tugas dan fungsi APIP saling terkait dengan fungsi pengawasan yang dilakukan oleh BPKP sebagai Auditor Presiden, khususnya di bidang akuntabilitas keuangan negara.

       Lebih jauh lagi, hasil-hasil Puslitbangwas BPKP diharapkan menjadi pusat referensi bagi kalangan yang lebih luas, yaitu jajaran manajemen pemerintahan dan publik terkait lainnya, mengingat fungsi pengawasan intern pemerintah memiliki cakupan yang sangat luas, untuk menghasilkan nilai tambah bagi proses tata kelola pemerintahan (governance),  manajemen risiko, dan pengendalian intern. Dengan menjadi pusat acuan dan rujukan nasional di bidang pengawasan, hasil kajian Puslitbangwas BPKP dapat dimanfaatkan oleh siapapun yang memerlukan referensi di bidang pengawasan.

Pengawasan

          Fokus penelitian dan pengembangan Puslitbangwas BPKP adalah di bidang pengawasan. Pengawasan yang dimaksud adalah pengawasan intern, yaitu seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah dalam mencapai tujuannya. Ruang lingkup pengawasan di atas meliputi proses governance, manajemen risiko, dan pengendalian intern atas pelaksanaan tugas dan fungsi K/L dan Pemda, khususnya terkait dengan masalah-masalah makro, nasional, lintas sektoral, BUN, dan tugas-tugas khusus dari Presiden, yang menjadi tugas dan fungsi BPKP. Mengingat bidang tugas ini sangat luas, maka kegiatan pengawasan BPKP difokuskan kepada pengawasan akuntabilitas keuangan negara yang menyentuh kepentingan rakyat banyak, terutama yang pro growth, pro job,dan pro poorSelain itu, BPKP juga memiliki tugas sebagai pembina SPIP di Indonesia.

         Terkait dengan tugas tersebut, banyak konsep dan metode pengawasan yang perlu dikaji dan dikembangkan guna mendukung peran BPKP sebagai pengawas intern pemerintah menjadi lebih efektif. Demikian pula halnya dalam rangka pelaksanaan tugas BPKP sebagai pembina SPIP, Puslitbangwas perlu mengembangkan metode penyelenggaraan dan pembinaan SPIP yang tepat guna dan tepat sasaran, sehingga SPIP tidak berbalik menjadi sesuatu yang kontraproduktif dan membebani pimpinan instansi pemerintah. 

Terpercaya

        Puslitbangwas BPKP sebagai “Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan Terpercaya”, mengandung arti bahwa hasil kerja Puslitbangwas harus dapat diandalkan, berkualitas, dan bermanfaat bagi kepentingan stakeholders.  Kepercayaan tersebut timbul jika Puslitbangwas didukung oleh staf dan peneliti kompeten, yang senantiasa melaksanakan kegiatan berdasarkan kaidah-kaidah  dan metode ilmiah secara sistematis dengan menjaga standar mutu. Kepercayaan juga timbul jika para peneliti memiliki integritas yang tinggi dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas/mandat yang diberikan kepadanya, serta memahami dan menerapkan etika dan aturan perilaku peneliti.

         Pusat Penelitian dan Pengembangan dapat dipercaya, jika hasil kerja dan produk-produknya inovatif dan antisipatif. Inovatif yaitu suatu kemampuan manusiawi dalam mendayagunakan pikiran dan sumber daya yang ada di sekelilingnya untuk mengahasilkan suatu karya yang benar-benar baru serta bermanfaat bagi stakeholder. Antisipatif mengandung arti sikap dan perilaku peneliti yang bersifat tanggap terhadap perubahan yang akan terjadi pada masa yang akan datang, baik di internal maupun eksternal organisasi yang berpengaruh terhadap tugas dan fungsinya.

          Keyakinan dan kepercayaan atas hasil kerja dan produk-produknya, akan menjadikan Puslitbangwas BPKP sebagai pusat acuan dan rujukan bagi kajian yang terkait dengan pengawasan, baik oleh pihak intern BPKP, APIP, maupun pihak manajemen pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah serta lingkup pengawasan secara nasional.


Share   
Kontak Kami

Saran dan Informasi disampaikan melalui : 
PUSLITBANGWAS BPKP
Gedung BPKP Pusat Lt. 11
Jl. Pramuka No. 33, Jakarta Timur
 (
021)-85910031 Ext.1124

 (021)-85910161

  Layanan_Informasi_Puslitbangwas@bpkp.go.id