Paparan Hasil Kajian EPK pada Direktorat Investigasi IV

Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan (Puslitbangwas) BPKP dalam hal ini diwakili oleh tim kajian Faktor-Faktor Efektivitas Pengendalian Korupsi (EPK) pada Instansi Pemerintah dan Badan Usaha, berkenan memenuhi undangan Direktorat Investigasi IV Deputi Bidang Investigasi sebagai narasumber dalam rangka penyempurnaan dan finalisasi Pedoman Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK).

Acara dihadiri oleh Direktur Investigasi IV, Mohamad Risbiyantoro beserta para koordinator dan pegawai di Deputi Bidang Investigasi. Sedangkan dari Puslitbangwas, hadir Koordinator Penelitian Pengawasan, Arinto Dananjaya didampingi tim kajian EPK. Dalam pembukaannya, Mohamad Risbiyantoro menyampaikan apresiasi kepada Puslitbangwas atas pelaksanaan penugasan kajian EPK tersebut. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa dalam perkembangannya, IEPK akan diintegrasikan dengan New SPIP dan akan ada penyesuaian atas konsep awal IEPK. Adapun hasil kajian Puslitbangwas ini nantinya akan menjadi dasar/landasan Deputi Investigasi dalam penyusunan pedoman.

Pada kesempatan berikutnya, Arinto menyampaikan pesan dari Kapuslitbangwas bahwa selain kecepatan, setiap penelitian dan kajian di Puslitbangwas juga memperhatikan pemanfaatan. “Tidak harus menunggu laporan selesai, kita sudah bisa mendeliver hasil kajian/penelitian. Ibarat film James Bond, Puslitbangwas itu dr. Q nya lah, jadi sebelum bertugas, alat-alatnya sudah siap” ucap Arinto yang disambut tawa para peserta.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh tim Puslitbangwas dan sesi tanya jawab/diskusi dari para peserta dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah akademis. Alhamdulillah, acara berjalan lancar, tetap memperhatikan protokol kesahatan dan tampak antusiasme para pegawai yang mengikuti acara hingga ditutup oleh Direktur Investigasi IV. (Humas Puslitbangwas)