Kegiatan Knowledge Day Puslitbangwas BPKP

Pada hari Jum’at tanggal 29 Januari 2021, Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan (Puslitbangwas) BPKP mengadakan kegiatan Knowledge Day yang diikuti oleh seluruh pegawai Puslitbangwas BPKP, di ruangan kerja dan juga melalui zoom meeting. Acara dimulai pukul 10.00 WIB setelah olahraga pagi dan bersih-bersih kantor, dibuka oleh moderator M. Tasya Renaldo KM. Moderator juga menjelaskan tentang hasil survei mengenai kegiatan "Membaca dan Menulis sebagai Sarana Berfikir" (Batu Safir), dengan hasil bahwa batu safir merupakan kegiatan penting dan dapat meningkatkan kualitas penelitian oleh pegawai Puslitbangwas.

Acara berikutnya adalah penjelasan dari Ibu Rury Hanasri mengenai President Management Agenda (PMA). Pada tahun 2001 Amerika menyusun PMA yang bertujuan untuk mengevaluasi pengelolaan dan pelaksanaan program federal yang bermanfaat bagi masyarakat dan efisien, PMA merupakan lanjutan dari program GPRA (Government Performance and Result Act). Kemudian M. Tasya Renaldo KM menambahkan mengenai Performance and Accountability Report (PAR) yang merupakan salah satu tools dari PMA yaitu laporan komprehensif yang menggabungkan laporan keuangan dan non keuangan (kinerja manajemen dan program-program pemerintah). Laporan ini tebal sehingga banyak menghabiskan biaya, bersifat multiple report, dan ditujukan untuk beberapa pihak.

Kegiatan ini menjadi semakin menarik karena antusiasme peserta dalam memberikan kontribusi untuk kegiatan, seperti Bapak Jamason Sinaga, Bapak Putut Hardiyanto, Bapak Adrinal Tanjung, serta Ibu Estherlina Pasaribu. Selain kegiatan sharing materi, acara Knowledge Day juga menampilkan hiburan dari pegawai puslitbangwas, duet antara Chekat Fahmy Rosyadi sebagai gitaris dengan Vivi Diyastani sebagai vokalis untuk mengisi acara. Setelahnya acara dilanjutkan dengan paparan oleh Bapak Purwantoro mengenai pedoman baru tentang sekilas aktivitas APIP.

Tepat pukul 11.30 WIB, Kepala Puslitbangwas mengapresiasi kegiatan ini dan ucapan terima kasih untuk semua kontribusi. Beliau juga memberikan saran untuk teman-teman Tata Usaha agar bisa sharing tentang kebijakan-kebijakan kantor dalam bentuk bahasa yang sederhana. Interaksi antar pegawai menjadi lebih penting untuk berkolaborasi. Kemudian beliau menutup dengan mengingatkan agar kita tetap menjaga protokol kesehatan dan selalu berdoa, agar sehat selalu.(Humas Puslitbangwas).