Penandatanganan Pakta Integritas di Lingkungan Puslitbangwas BPKP

Bertempat di Ruang Rapat Anggrek, Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan (Puslitbangwas) BPKP menyelenggarakan penandatanganan Pakta Integritas Tahun 2021. Sesuai Protokol Kesehatan, acara diadakan secara terbatas dengan dihadiri oleh Kepala Puslitbangwas Sasono Adi, 2 orang Peneliti Madya selaku Koordinator Arinto Dananjaya dan Rury Hanasri, serta 1 orang Kepala Bagian Tata Usaha Sutisna. Adapun para pegawai baik yang berada di kantor maupun di tempat kediaman masing-masing, mengikuti acara penandatanganan Pakta Integritas tersebut secara daring melalui zoom.

Acara dimulai dengan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan dilanjutkan pembacaan naskah Pakta Integritas secara simbolis oleh M. Tasya Renaldo KM. Sebagai informasi, Pakta Integritas merupakan sebuah dokumen untuk menegaskan kembali komitmen setiap pegawai terkait 8 butir pernyataan integritas antara lain bersikap dan bertindak sesuai ketentuan; sikap transparan, jujur, objektif, dan akuntabel; berusaha memenuhi standar kerja/profesi dan meningkatkan kompetensi; berperan secara proaktif dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme; serta menghindarkan pertentangan kepentingan dalam pelaksanaan tugas.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh pegawai, dan kemudian mendengarkan arahan dari Kepala Puslitbangwas. Dalam arahannya, beliau mengingatkan kembali tujuan dari Pakta Integritas yang ditandatangani setiap tahun tersebut, dan mengajak setiap pegawai untuk memahami serta menerapkan ke-8 butir Pakta Integritas sebagaimana mestinya. “Pakta Integritas ini menjadi satu refresh untuk 1 tahun ke depan dan integritas merupakan pelaksanaan tanggung jawab”, ucap beliau.

Acara ditutup dengan mendengarkan lagu Bagimu Negeri, dan pembacaan do’a oleh Nugroho Dwi Putranto. Alhamdulillah acara penandatanganan Pakta Integritas yang diikuti oleh seluruh pegawai Puslitbangwas berjalan lancar dan khidmat dari awal hingga akhir, meskipun dengan situasi dan kondisi yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya sehubungan dengan adanya pandemi covid-19. (Humas Puslitbangwas).