Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

Berita Seputar Pusat Penelitan dan Pengembangan Pengawasan

Pentingnya Koordinasi Kegiatan Litbang dan Membudayakan Berbagi Pengetahuan Melalui KMS
28 Mei 2018 10:37:03 / puslitbangwas / dibaca: 315 kali / Kat: Sosialisasi

Jakarta - Selasa (22/5). Dalam suasana Bulan Ramadhan, tim peneliti Puslitbangwas BPKP yang dipimpin Kabid Program dan Kerjasama, Viktor H. Siburian, mengadakan kegiatan sosialisasi hasil litbang kepada pegawai Perwakilan BPKP DKI Jakarta, dengan materi Perka BPKP Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembinaan, Koordinasi dan Pelaksanaan Kegiatan Penelitian/Pengkajian di Lingkungan BPKP, serta Knowledge Management System (KMS) BPKP,  bertempat di Aula Perwakilan BPKP DKI Jakarta.

Dalam kegiatan yang dihadiri pejabat struktural, PFA dan PFU Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta tersebut, Viktor menyampaikan bahwa Perka 5/2016 merupakan panduan bagi Puslitbangwas dalam melakukan pembinaan dan koordinasi dengan unit kerja BPKP lainnya yang akan melakukan penelitian/pengkajian di bidang pengawasan, agarmemenuhi kaidah-kaidah ilmiah.Perka ini diharapkan dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan kegiatan penelitian/pengkajian yang dilakukan oleh seluruh unit kerja di lingkungan BPKP. Selain itu, Puslitbangwas dapat melakukan quality assurance terhadap penelitian/kajian yang dilakukan oleh unit lain untuk mendorong peningkatan kualitas dan memenuhi standar yang telah ditetapkan. Perka ini diharapkan dapat mendorong terwujudnya koordinasi kegiatan penelitian/pengkajian antara Puslitbangwas dengan unit kerja lain sehingga dapatmeningkatkan efisiensi dan efektivitasnya.

Di akhir paparan, Viktor menghimbau kepada pejabat struktural dan pegawai Perwakilan BPKP DKI Jakarta untuk berkoordinasi dengan Puslitbangwas BPKP jika akan melakukanpenelitian/pengkajian.Ia juga menyatakan bahwa Puslitbangwas selalu siap untuk melakukan pembinaan apabila memang dibutuhkan oleh unit kerja lainnya demi perkembangan dan kemajuan BPKP.

Pada kesempatan yang sama, dilakukan sosialisasi Knowledge Management System (KMS) BPKP, yang disampaikan oleh Darsono, Auditor Madya Puslitbangwas BPKP. Dalam pemaparannya, Darsono menyatakan tujuan diciptakannya aplikasi KMS adalah sebagai sarana pendorong terwujudnya budaya berbagi pengetahuan baik explisit knowledge maupun tacit knowledge di lingkungan internal BPKP. Selama ini pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh ketika mengikuti diklat atau pengalaman selama penugasan di BPKP seolah-olah hanya dapat dirasakan oleh individu atau beberapa unit kerja saja. Namun dengan adanya KMS, pengetahuan tersebut dapat dikumpulkan sehingga dapat didistribusikan dan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang sedang menjalankan penugasan maupun yang berkeinginan untuk meningkatkan kualitas diri. Pada intinya KMS berperan sebagai sarana menangkap, menyimpan, menyebarluaskan, dan menggunakan pengetahuan untuk menjadikan Organisasi BPKP ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Rangkaian sosialisasi KMS dilanjutkan dengan simulasi penggunaan KMS yang dimulai dari cara mengakses menggunakan jaringan internet dan intranet BPKP, cara login ke KMS, pengenalan fitur yang tersedia di KMS, serta cara melakukan proses berbagi pengetahuan. Sosialisasi KMS ditutup dengan himbauan kepada seluruh peserta untuk selalu meningkatkan budaya sharing knowledge di lingkungan BPKP terutama dengan pemanfaatan media KMS sebagai bentuk upaya perwujudan peningkatan pengetahuan, kemampuan serta kinerja BPKP secara merata dan menyeluruh.

(Humas Puslitbangwas: Rury/Adam/Adi/Rizky/Jie)



Share      

Berita Terkait:

29 September 2018 00:32:30 / puslitbangwas / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Transparansi PBJ serta Peran SPIP dan APIP dalam Pencegahan Korupsi
25 September 2018 15:44:24 / puslitbangwas / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Puslitbangwas BPKP Dorong Budaya Knowledge Learning and Sharing
29 Juli 2018 00:30:03 / puslitbangwas / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Peluang Koordinasi dan Pembinaan Litbang serta Indeks AP3N sebagai Produk Unggulan BPKP
25 Mei 2018 20:59:06 / puslitbangwas / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Hasilkan Penelitian Berkualitas dan Tumbuhkan Budaya Berbagi Pengetahuan
24 Nopember 2017 08:48:29 / puslitbangwas / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Peningkatan Kualitas Hasil Penelitian dengan Pembinaan dan Koordinasi Litbang