Pusat Informasi Pengawasan

Rencana Startegis Pusinfowas 2015-2019

Rencana Strategis (Renstra) Pusat Informasi Pengawasan (Pusinfowas) Tahun 2015-2019 merupakan tindak lanjut dari Renstra Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Tahun 2015-2019. Sebagai dokumen perencanaan yang disusun setiap lima tahun sekali, Renstra merupakan instrumen awal untuk mengukur kinerja setiap instansi pemerintah yang telah ditetapkan. Renstra menjadi acuan dalam proses manajemen kinerja secara keseluruhan yang meliputi :

1) Penyusunan rencana kinerja (performance plan);

2) Penyusunan rencana kerja dan anggaran (workplan and bude~;

3) penyusunan penetapan kinerja(performance agreemen~;

4) Pelaksanaan tugas, pelaporan danpengendalian kegiatan; dan

5) Penyusunan laporan kinerja (LKj).


Sebagai unit kerja pendukung, Pusinfowas harus memiliki visi yang sejalan dengan apa visi BPKP dalam kurun waktu lima tahun kedepan. Setiap tindakan haruslah diarahkan untuk mencapai visi BPKP. Oleh karena itu visi BPKP merupakan visi Pusinfowas sebagai berikut: "Auditor Internal Pemerintah RI Berkelas Dunia untuk meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional" Dengan kesepakatan visi tersebut di atas, terbentang suatu tantangan yang perlu dihadapi bersama oleh BPKP. Tantangan tersebut dijabarkan lebih lanjut agar mendekati kenyataan yang mungkin dapat dicapai. Untuk itu ditetapkan pernyataan misi sebagai berikut:

Misi Satu Menyelenggarakan Pengawasan Intern terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional guna Mendukung Tata Kelola Pemerintahan dan Korporasi yang Bersih dan Efektif
Misi Dua : Membina Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang Efektif
Misi Tiga : Mengembangkan Kapabilitas Pengawasan Intern Pemerintah yang Profesional dan Kompeten
Tugas kita selanjutnya adalah mewujudkan rencana kinerja yang telah tertuang dalam rumusan Renstra ini ke dalam tugas pokok dan kinerja operasional secara terukur, terkoordinasi dan akuntabel dengan melibatkan seluruh jajaran di lingkungan Pusat Informasi Pengawasan. Kami menyadari bahwa Renstra ini belum sempurna, untuk itu kritik dan saran yang konstruktif kami harapkan guna penyempurnaan di masayang akan datang.


Share