Pusat Informasi Pengawasan

Kedudukan, Tugas, Fungsi, dan Wewenang

Sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor KEP-06.00.00-080/K/2001 tanggal 20 Februari 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Pusat Informasi Pengawasan memiliki:

KEDUDUKAN:

  1. Merupakan instansi Kantor Pusat di linkungan BPKP yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BPKP;
  2. Dipimpin oleh seorang Kepala.

TUGAS POKOK:

   " MELAKSANAKAN PENGELOLAAN DATA DAN INFORMASI
SERTA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI."

   
FUNGSI:

  1. penyusunan rencana dan program pengelolaan data dan informasi serta pengembangan sistem informasi
  2. pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data dan informasi, serta administrasi basis data;
  3. penyiapan kompilasi analisis hasil pengawasan;
  4. pengembangan sistem informasi dan pembinaan terhadap pengguna;
  5. pelaksanaan urusan tata usaha.

Sebagai instansi Kantor Pusat di lingkungan BPKP, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 103 Tahun 2001 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2005, mendukung fungsi BPKP yang mempunyai kewenangan:

  1. Penyusunan rencana nasional secara makro di bidangnya;
  2. Perumusan kebijakan di bidangnya untuk mendukung pembangunan secara makro;
  3. Penetapan sistem informasi di bidangnya;
  4. Pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan otonomi daerah yang meliputi pemberian pedoman, bimbingan, pelatihan, arahan, dan supervisi di bidangnya;
  5. Penetapan persyaratan akreditasi lembaga pendidikan dan sertifikasi tenaga profesional/ahli serta persyaratan jabatan di bidangnya;
  6. Kewenangan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu:
  • Memasuki semua kantor, bengkel, gudang, bangunan, tempat-tempat penimbunan, dan sebagainya;
  • Meneliti semua catatan, data elektronik, dokumen, buku perhitungan, surat-surat bukti, notulen rapat panitia dan sejenisnya, hasil survei laporan-laporan pengelolaan, dan surat-surat lainnya yang diperlukan dalam pengawasan;
  • Pengawasan kas, surat-surat berharga, gudang persediaan,dan lain-lain;
  • Meminta keterangan tentang tindak lanjut hasil pengawasan, baik hasil pengawasan BPKP sendiri maupun hasil pengawasan Badan Pemeriksa Keuangan, dan lembaga pengawasan lainnya.

 

TUPOKSI BIDANG & SUBBIDANG

  1. Tupoksi Bidang Pengelolaan Data dan Informasi

    Bidang Pengelolaan Data dan Informasi mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana dan program pengelolaan data dan informasi, pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data dan informasi, penyiapan kompilasi analisis hasil pengawasan, serta penyelenggaraan administrasi basis data.

    Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Pengelolaan Data dan Informasi menyelenggarakan fungsi:
    1. penyiapan bahan penyusunan rencana dan program pengelolaan data dan informasi, serta pengumpulan dan pengolahan data;
    2. penyiapan bahan kompilasi analisis hasil pengawasan, penyajian informasi, dan penyelenggaraan administrasi basis data.

    Bidang Pengelolaan Data dan Informasi terdiri dari:
    1. Subbidang Pengumpulan dan Pengolahan Data;
      Subbidang Pengumpulan dan Pengolahan Data mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan program pengelolaan data dan informasi, serta pengumpulan dan pengolahan data.
       
    2. Subbidang Penyajian Informasi.
      Subbidang Penyajian Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan kompilasi analisis hasil pengawasan, penyajian informasi, dan penyelenggaraan administrasi basis data.

     
  2. Tupoksi Bidang Pengembangan Sistem Informasi

    Bidang Pengembangan Sistem Informasi mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana dan program serta pengembangan sistem aplikasi, teknologi informasi, dan pemberian dukungan kepada pengguna.

    Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Pengembangan Sistem Informasi menyelenggarakan fungsi :
    1. penyiapan bahan penyusunan rencana dan program serta pengembangan sistem aplikasi;
    2. penyiapan bahan penyusunan rencana dan program serta pengembangan teknologi informasi;
    3. penyiapan bahan penyusunan rencana dan program serta pemberian dukungan bagi pengguna.

    Bidang Pengembangan Sistem Informasi terdiri dari:
    1. Subbidang Pengembangan Sistem Aplikasi;
      Subbidang Pengembangan Sistem Aplikasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan program serta pengembangan sistem aplikasi.
       
    2. Subbidang Pengembangan Teknologi Informasi;
      Subbidang Pengembangan Teknologi Informasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan program serta pengembangan teknologi informasi.
       
    3. Subbidang Dukungan Pengguna.
      Subbidang Dukungan Pengguna mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan program serta pemberian dukungan bagi pengguna.

     
  3. Subbagian Tata Usaha

    Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan tata usaha.

     
  4. Kelompok Jabatan Fungsional

    Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    1. Kelompok Jabatan Fungsional terdiri dari beberapa jabatan fungsional yang terbagi dalam berbagai kelompok jabatan fungsional sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Masing-masing kelompok jabatan fungsional dikoordinasikan oleh seorang tenaga fungsional senior yang ditunjuk oleh Kepala Pusat.
    3. Jumlah tenaga fungsional ditentukan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja.
    4. Jenis dan jenjang jabatan fungsional diatur berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Share