KAPUSINFOWAS: HITUNGAN BIAYA SATU DATA VAKSINASI COVID-19 DAN INTEGRASINYA HARUS JELAS

(6/4) Pada 30 Maret 2021 lalu, Kepala Pusat Informasi Pengawasan BPKP, Rudy M. Harahap, dan tim memfasilitasi diskusi penganggaran dan pengadaan Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan, di Hotel Pullman, Jakarta Pusat. 

Pada acara tersebut, Rudy menekankan pentingnya memperhatikan mekanisme penganggaran kegiatan dan proses pengadaannya.
 
Bersama nara sumber dari LKPP, ia merujuk Surat Edaran Kepala LKPP Nomor 3 tahun 2020  tentang Penjelasan Atas Pelaksanaan Pengadaan Barang/jasa Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yaitu untuk penanganan Covid-19 yang sifatnya segera.
 
Rudy juga menegaskan pentingnya dasar yang kuat sebagai basis perhitungan anggaran Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19. "Perhitungan biaya Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 harus evidence-based," katanya.  
 
Ditegaskannya juga, integrasi Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 dengan berbagai sistem lain di Kementerian Kesehatan dan instansi lain harus menjadi perhatian utama. 
 
Turut hadir pula dalam acara tersebut utusan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan PT Telkom Indonesia selaku penyedia. 
 
Tak ketinggalan, perwakilan dari LKPP dan jajaran Kementerian Kesehatan juga mengikuti acara tersebut secara online melalui video conference aplikasi Zoom. (HF)