Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Berita Seputar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

BPKP DIY Kembali Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik DIY Tahun 2018
29 September 2018 08:25:58 / diy / dibaca: 440 kali / Kat: PPID

Perwakilan BPKP DIY berhasil mempertahankan predikat juara I dalam ajang Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik DIY Tahun 2018 yang digelar Komisi Informasi Daerah DIY.  Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik DIY Tahun 2018 dilaksanakan pada Kamis malam (27/9/2018) di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta.

Ketua KID DIY Hazwan Iskandar Jaya menjelaskan bahwa monitoring-evaluasi (monev) keterbukaan informasi publik bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang transparan, akuntabel dan partisipatif guna mencapai kesejahteraan bersama.  Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Badan Publik dilakukan rutin setiap tahun sesuai amanat UU No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

“Dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi pada badan publik di DIY tahun 2018, Komisi Informasi Daerah DIY mengandeng Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kemenkominfo, serta Universitas Aisyah Yogyakarta untuk merumuskan instrumen penilaian. Penilaian diawali dengan penyebaran kuesioner, pencermatan website, visitasi dan uji akses oleh mahasiswa UNISA dan presentasi Badan Publik. Untuk bobot penilaian, dia mengatakan kuisioner sebesar 15%, website 45%, uji akses 15%, visitasi 20% serta presentasi 10%.'' ungkap Hazwan.

Dari 5 tahapan tersebut, ditentukan peringkat terbaik sesuai kategori Badan Publik. Dari 385 badan publik yang menerima kuisioner sebanyak 217 badan publik atau 65% yang mengisi dan mengembalikan kepada tim monitoring.

Apresiasi atas kegiatan ini disampaikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melalui sambutan tertulis yang dibacakan Sekda DIY Gatot Saptadi.  Monev yang dilakukan KID DIY menurut Gubernur DIY adalah kegiatan positif  yang dapat meningkatkan kemauan untuk tetap teguh melaksanakan keterbukaan informasi di DIY sesuai amanat UU KIP. 

Kategori penghargaan terdiri dari kategori PPID Utama, kategori OPD Provinsi, kategori instansi vertikal, kategori lembaga yudikatif, kategori OPD Kabupaten/Kota, kategori kecamatan, dan kepada kategori badan usaha milik daerah.

Untuk 3 peringkat terbaik berdasarkan kategori PPID Utama diberikan kepada PPID Utama Pemerintah Yogyakarta, PPID Utama Pemerintah Kabupaten Sleman, serta PPID Utama Pemda DIY.

Untuk 3 peringkat OPD terbaik, pertama diberikan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, kedua Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY, ketiga diberikan kepada Badan Kepegawaian Daerah DIY.

Kategori instansi atau lembaga vertikal diberikan kepada Perwakilan BPKP DIY sebagai terbaik ke 1, BPK Perwakilan Provinsi DIY terbaik ke 2, serta Komisi Pemilihan Umum DIY terbaik ke 3.

Untuk kategori lembaga yudikatif terbaik pertama diberikan kepada Pengadilan Agama Wates, kedua Pengadilan Tinggi Yogyakarta ketiga Pengadilan Negeri Bantul.

Kategori OPD Kabupaten/Kota diberikan kepada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sleman, Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta.

Untuk kategori kecamatan terbaik, pertama diberikan kepada Kecamatan Depok, Sleman, kedua Kecamatan Ngemplak, Sleman dan ketiga Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta.

Selain itu juga diberikan apresiasi kepada kategori badan usaha milik daerah, yakni pertama kepada PD BPR Bank Sleman, Kedua PD BPR Bank Jogja, ketiga PD BPR  Bank Pasar Kulonprogo.

(Humas BPKP DIY/ros)

 



Share      

Berita Terkait:

19 Nopember 2018 11:20:50 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: PPID
BPKP Kaltim Raih Peringkat II Anugrah Website 2018
17 Mei 2016 15:06:39 / / dibaca: kali / Kat: PPID
BPKP Sumbang Saran Pengelolaan Informasi Publik PBJ
04 Desember 2015 15:02:10 / / dibaca: kali / Kat: PPID
Berkomunikasi dengan Publik Perlu Wawasan Kebangsaan
04 Desember 2015 15:00:20 / / dibaca: kali / Kat: PPID
BPKP Perlu Perspektif Baru dalam Berkomunikasi dengan Publik
16 Nopember 2015 09:36:24 / / dibaca: kali / Kat: PPID
BPKP Ikut Penyusunan Modul KIP