Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Berita Seputar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Membangun Kepercayaan Melalui Transparansi
25 Agustus 2016 12:45:29 / bowoppid / dibaca: 293 kali / Kat: Sosialisasi

“Tidak adanya transparansi mengakibatkan ketidakpercayaan dan rasa aman yang mendalam,” kata Komisioner KIP Henny S Widyaningsih mengutip Dalai Lama dalam acara sosialisasi UU No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Kamis (18/8), di Batam.

Walaupun UU KIP sudah lahir sewindu yanglalu, namun sepertinya masyarakat belum mendapatkan hak informasinya secara optimal. Selain itu juga Badan Publik sendiri selaku penyedia informasi masih menghadapi kegamangan terkait informasi apa saja yang terbuka atau tertutup. Apalagi jika menyangkut keuangan. Oleh karena itu Komisi Informasi Pusat menyeleggarakan sosialisasi UU KIP di Batam yang dihadiri oleh para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di sektor keuangan, BPK, BPKP, media massa, dan LSM.

Dalam paparannya, Henny menyampaikan problem yang sering dihadapi masyarakat dalam memperoleh informasi: informasi terlambat diberikan, informasi tidak tersedia, informasi diklaim rahasia, akses informasi asimetris, sistem pelayanan informasi buruk, dan KIP dianggap belum populer. Kepala Biro Humas dan Layanan Informasi Sekjen Kemenkeu NE Fatimah menjelaskan implementasi UU KIP di Sektor Keuangan khususnya di Kemenkeu. Keterbukaan informasi publik Kemenkeu ditunjukkan dengan selalu diraihnya peringkat pertama sejak diadakan pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat sejak tahun 2013.

Sedangkan Komisioner Rumadi Ahmad menjelaskan bahwa kerahasiaan dasar informasi telah diatur dalam pasal 17 UU KIP. Namun untuk mengecualikan informasi publik, Badan Publik harus menggunakan mekanisme uji konsekuensi. Informasi publik yang akan dikecualikan terbuka harus diuji apakah informasi tersebut ada UU yang melarang untuk dibuka, apakah memenuhi kepatutan, dan apakah informasi tersebut tidak bertentangan dengan kepentingan umum. (Humas BPKP-hb)



Share      

Berita Terkait:

20 Januari 2015 11:01:58 / bowoppid / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi
Informasi dan Komunikasi Publik : Pilar Strategis Organisasi