Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Berita Seputar Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

BPKP Perlu Perspektif Baru dalam Berkomunikasi dengan Publik
04 Desember 2015 15:00:20 / / dibaca: 2749 kali / Kat: PPID

Forum Komunikasi dan Layanan Informasi Publik BPKP Tahun 2015 dengan tema “Pengelolaan Komunikasi Publik yang Efektif” diselenggarakan oleh Biro Hukum dan Humas BPKP di Aula Gandhi Lantai 2, BPKP, Jalan Pramuka 33, Jakarta (2/12). Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala BPKP Ardan Adiperdana dan dihadiri oleh Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Suhardi Alius, Plt. Dirjen lnformasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Djoko Agung Harijadi, Sekretaris Utama BPKP Meidyah Indreswari, Deputi Kepala BPKP Bidang Perekonomian dan Kemaritiman Nurdin, Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Iswan Elmi, para pejabat eselon 2 dan 3 di lingkungan BPKP Pusat, dan para peserta.

Peserta dalam forum tersebut adalah pimpinan unit kerja selaku PPID kehumasan Pusat, Perwakilan BPKP seluruh Indonesia serta Pengelola Kehumasan dan Pengelola Layanan Informasi Publik BPKP.

Dalam laporan ketua penyelenggara forum tersebut, Kepala Biro Hukum dan Humas BPKP Triyono Haryanto menyampaikan bahwa Kegiatan Forum Kehumasan, Hubungan Antar Lembaga, dan Layanan lnformasi BPKP Tahun 2015 ditujukan untuk terimplementasikannya komunikasi publik dalam internal BPKP yang efektif.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Kepala BPKP menyampaikan bahwa BPKP telah menindaklanjuti amanat undang-undang tentang keterbukaan informasi publik dan telah memilah-milah berbagai informasi yang dapat disampaikan dan dikecualikan. Namun, tuntutan masyarakat yang diwakili oleh awak media seringkali meminta informasi yang dikecualikan.  “dalam kesempatan ini, mohon ada semacam pandangan dari perspektif narasumber agar BPKP bisa merespon situasi seperti ini” terang Ardan.

Ditambahkan, Ardan menjelaskan bahwa BPKP harus beradaptasi dengan perkembangan situasi seperti ini, termasuk perkembangan teknologi. “publik seringkali lebih cepat menerima informasi dari media sosial atau media massa. Melihat situasi seperti ini, harus ada perspektif baru bagi kita semua, dan pandangan untuk memperluas tata cara kita merespon situasi ini, sampai berapa jauh informasi yang bisa kita sampaikan” ujarnya.

acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel pertama dengan narasumber sekretaris utama Lemhannas komjen Suhardi Alius, Plt. Dirjen lnformasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Djoko Agung Harijadi dengan moderator Sekretaris Utama BPKP Meidyah Indreswari.

(Humas Pusat)



Share      

Berita Terkait:

19 Nopember 2018 11:20:50 / kaltim1 / dibaca: kali / Kat: PPID
BPKP Kaltim Raih Peringkat II Anugrah Website 2018
29 September 2018 08:25:58 / diy / dibaca: kali / Kat: PPID
BPKP DIY Kembali Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik DIY Tahun 2018
17 Mei 2016 15:06:39 / / dibaca: kali / Kat: PPID
BPKP Sumbang Saran Pengelolaan Informasi Publik PBJ
04 Desember 2015 15:02:10 / / dibaca: kali / Kat: PPID
Berkomunikasi dengan Publik Perlu Wawasan Kebangsaan
16 Nopember 2015 09:36:24 / / dibaca: kali / Kat: PPID
BPKP Ikut Penyusunan Modul KIP