Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK

Produk

Produk dan Layanan
 

Deputi Polsoskam telah meluncurkan beberapa produk pedoman, yang paling mutakhir adalah pedoman audit kinerja PKPS-BBM dan pedoman PE atau PEU-01 yang dihasilkan oleh gugus tugas Policy Evaluation. Pedoman audit kinerja PKPS-BBM dimaksudkan sebagai acuan bagi auditor, sehingga diharapkan dapat menyatukan gerak langkah audit. Namun demikian, pedoman ini mengandung keterbatasan yaitu memuat hal-hal yang penting dan mendasar saja sehingga kreativitas dari para auditor di lapangan sangat diharapkan demi tercapainya hasil audit yang berkualitas.

Sedangkan Penyusunan Pedoman PEU-01 ini dimaksudkan untuk membangun suatu ukuran prosedural untuk melaksanakan dan mengukur pelaksanaan suatu penugasan Policy Evaluation di BPKP. Kendati masih bersifat prosedural, pedoman ini secara tentatif merupakan ukuran minimal pelaksanaan suatu evaluasi terhadap kebijakan, program, atau kegiatan mengisi kekosongan standar profesi evaluasi.

Pedoman audit kinerja untuk pelaksanaan PKPS-BBM disusun dengan menggunakan Indicator Performance Model (IPM), sehingga diharapkan penilaian kinerja PKPS-BBM memberikan hasil penilaian yang objektif. Khusus PKPS-BBM Bidang Keluarga Berencana untuk kegiatan perencanaan, penilaian dilakukan dengan metode Questionaire.

IPM yang digunakan untuk menghimpun hasil penilaian mencakup 3 (tiga) aspek yang mengacu kepada tujuan ketepatan penilaian yaitu Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu.

Untuk menampung hasil penilaian terhadap hal-hal yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kinerja PKPS-BBM atau yang lebih bersifat sebagai penyebab tidak tercapainya kinerja, dalam pedoman ini telah disediakan pranatanya berupa suatu kompilasi penyebab yang mengindikasikan adanya kelemahan dalam sistem pengendalian intern. Kompilasi dan simpulan atas kelemahan sistem pengendalian intern didasarkan pada kerangka (frame work) sistem pengendalian intern berdasarkan konsep COSO (Committee on Sponsoring Treadway Organisation).

Pedoman PEU-01 ini berlaku untuk semua fokus atau jenis evaluasi baik relevansi, efisiensi dan efektivitas. PEU-01 ini berisi uraian ringkas tentang prinsip umum, tujuan, langkah-langkah di masing-masing tahap evaluasi serta berisi formulir dan format KKE yang dapat dipedomani dalam menjalankan langkah-langkah PE.

Kendati berlaku untuk semua jenis evaluasi, penerapan pedoman ini terutama ditujukan untuk mengevaluasi kebijakan yang pencapaiannya diselenggarakan melalui program baik program sektoral maupun nonsektoral.


 


Share