Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK

BERPIKIR SEDERHANA

Sobat yang sangat inspirasional!

 

Sering kali tanpa sadar, kita mengharapkan sesuatu yang jauh dari genggaman, di luar batas kenyataan, dan butuh lama untuk diwujudkan. Tak masalah, jika itu bisa men-trigger kita untuk maju, melecut kita untuk berlari lebih kencang, dan memacu kita untuk lebih serius dalam berkarya. Bukankah semua karya besar berawal dari mimpi? Namun, masalahnya kita sering melupakan apa yang ada dalam genggaman, hasil yang ada di pelupuk mata, dan kesuksesan kecil yang kita raih. Sedikit kisah berikut semoga bisa memberi kita lesson, bahwa kita perlu berpikir sederhana, merayakan kesuksesan kecil yang kita peroleh dan menghargai jerih payah kita sendiri!

 
BERPIKIR SEDERHANA

Alkisah, seorang pemburu berangkat ke hutan dengan membawa busur dan tombak. Dalam hatinya dia berkhayal mau membawa hasil buruan yang paling besar, yaitu seekor rusa. Tak lama menunggu, seekor kelelawar besar yang kesiangan hinggap di dahan tepat di depan sang pemburu. Dengan sekali ayunan pedang, tentunya si pemburu akan mendapatkan buruan pertamanya. Tapi ia berpikir, “Untuk apa merepotkan diri sendiri dengan seekor kelelawar bila dibanding dengan seekor rusa besar?” Tak berapa lama, muncul seekor kancil sambil menjilat-jilat tombak sang pemburu. Kembali sang pemburu menampiknya, “Ah, hanya seekor kancil. Nanti malah tidak ada yang makan. Malah sia-sia saya menangkapnya.” Agak lama berselang tiba-tiba terdengar langkah kaki binatang mendekat. Pemburu pun mulai siaga penuh, tetapi ternyata, ah…..seekor kijang! Ia pun membiarkannya berlalu. Karena lelah, akhirnya si pemburu tertidur sambil memeluk tombaknya.Tanpa sepengetahuannya, seekor rusa berjalan pelan mendekat ke arahnya. Ketika rusa itu hampir menginjaknya, dengan spontan ia berteriak keras karena kaget bercampur senang, “Rusa… rusa!!” jeritnya. Tapi akibatnya, sang rusa lari kencang menghindari si pemburu. Alhasil, sang pemburu tadi pulang ke rumah tanpa membawa hasil buruan seekorpun.

 

-- oOo --

 

Sobat, banyak diantara kita memiliki idealisme yang terlalu besar untuk menggapai sesuatu yang diinginkannya. Ia berpikir yang tinggi-tinggi dan bicaranya pun terkadang sulit dipahami. Tawaran dan kesempatan-kesempatan kecil dilewati begitu saja tanpa pernah berpikir bahwa mungkin di dalamnya ia memperoleh sesuatu yang berharga. Tak jarang orang seperti itu menelan pil pahit karena akhirnya tak mendapatkan apa-apa.

Berpikir sederhana bukan berarti tanpa pertimbangan logika yang sehat. Kita tentunya perlu memiliki harapan dan idealisme supaya tidak asal tabrak. Tetapi hendaknya kita ingat bahwa seringkali Tuhan mengajar manusia dengan hal-hal yang kecil terlebih dahulu sebelum mempercayakan perkara besar. Sukses sejati membutuhkan proses perjuangan yang habis-habisan. Jika anda ingin cepat sukses dengan cara pintas, anda bisa salah jalan, frustrasi, dan menyesal.

Jangan pernah lelah mencoba,kawan ....SUKSES adalah milik ANDA !

 
Yan Eka Milleza-permina

sharing is caring


Share