Mendiknas Salut atas Pelaksanaan Monitoring Penerimaan Peserta Didik Baru

Hadir pada kesempatan tersebut Irjen Kemdiknas Prof Dr. Ir. H. Musliar Kasim beserta seluruh jajaran eselon 1 lainnya. Sedangkan dari fihak BPKP, terlihat Kepala BPKP Prof. Dr. Mardiasmo bersama dengan Deputi PIP Bidang Polsoskam  Achmad Sanusi, Direktur PLP Bidang Kesejahteraan Rakyat Agus Witjaksono, dan Kasubdit PLP Bidang Bidang Penegakan Hukum dan Setlemtertina Abdul Azis. Selain itu, hadir pula Irjen Kementerian Dalam Negeri Maliki Heru Santosa yang telah mem-back up pelaksanaan monitoring ini dari segi koordinasi dengan aparat di daerah.

 

Mendiknas menyatakan apresiasinya kepada seluruh jajaran BPKP atas proses maupun hasil monitoring pungutan tersebut. Menariknya, dalam kesempatan tersebut, Mendiknas langsung menelpon Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan beberapa kepala sekolah di kota Makassar untuk mengklarifikasi hasil monitoring. Sebagai tindak lanjutnya, Mendiknas memerintahkan jajarannya, khususnya Balitbang Kemdiknas untuk mengkaji lebih lanjut hasil monitoring tersebut dari berbagai perspektif. Saat yang sama, beliau berharap Inspektorat Jenderal Kemdiknas dapat mendesain pekerjaan serupa dengan meniru teknik yang digunakan oleh BPKP tersebut di tahun 2012.

 

Sedangkan Kepala BPKP Mardiasmo menegaskan bahwa apa yang dilakukan BPKP dengan melakukan monitoring ini adalah bukti komitmen BPKP untuk memberikan service excellent kepada Kemdiknas agar bisa meningkatkan akuntabilitas keuangannya sekaligus terwujud good governance dan clean government. Dijelaskan oleh beliau, hanya dalam waktu lima hari di lapangan, BPKP berhasil menjangkau 1.289 titik sekolah pada 84 kabupaten/kota di seluruh provinsi untuk mendapatkan jenis-jenis pungutan yang ada di sekolah. Tak hanya itu, informasi tentang kondisi sekolah juga dilengkapi dengan foto lapangandan titik koordinat lokasi yang menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS).  Beliau berharap, hasil monitoring ini dapat memberikan solusi konstruktif terhadap isu pungutan yang marak belakangan ini. (milleza/mario)