BPKP Kawal Pengadaan ASN Tahun 2021

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku Ketua Tim Penyusun Naskah Soal Seleksi telah selesai melaksanakan penyusunan naskah soal CASN Tahun 2021 dan siap untuk diserahkan kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dan digunakan untuk proses seleksi pengadaan Calon ASN Tahun 2021, yang pelaksanaannya direncanakan bulan Mei 2021 diawali dengan Seleksi Sekolah Kedinasan.

Penyerahan naskah soal secara simbolis dilaksanakan di Hotel Harris Suites Fx Sudirman pada hari Selasa Tanggal 20 April 2021 pukul 11.00 WIB. Acara tersebut dihadiri oleh Tim Pengawas Pengadaan ASN 2021 dari Kedeputian Polhukam PMK BPKP.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan protokol pencegahan covid-19 dan disaksikan secara virtual oleh Menteri Pan RB, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala BKN, dan Kepala ANRI. Hal ini menunjukkan keseriusan dari semua pihak untuk bersama mengawal pengadaan ASN Tahun 2021.

Untuk menjaga keamanan naskah soal CASN Tahun 2021 telah dilakukan pengamanan digital (enkripsi) oleh BSSN dengan password yaitu kombinasi dari 16 karakter yang dipegang oleh Kementerian PANRB (8 karakter) dan BPKP (8 karakter).

Selanjutnya naskah soal hasil enkripsi akan ditransfer dari server Kemendikbud ke server Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan dilakukan penghapusan soal di server Kemendikbud. Dalam acara terpisah, Deputi Kepala BPKP Bidang PIP Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto menyampaikan bahwa peran BPKP sangat strategis dalam pengadaan ASN ini.

“BPKP sebagai Tim Pengawas berperan untuk memastikan agar langkah-langkah pengamanan atas naskah soal telah dilakukan sesuai dengan ketentuan sehingga risiko atas kebocoran soal tidak terjadi”, ungkapnya.

Diketahui, Berdasarkan PP No 11 Thn 2017 tentang Manajemen PNS dan PP No 49 Thn 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), BPKP merupakan bagian dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan ASN. Lebih jauh sesuai Kep Menpanrb No 126 Tahun 2021 tentang Panselnas Pengadaan ASN Tahun 2021 BPKP bertugas melakukan pengawasan terhadap semua tahapan pengadaan ASN.

(Kominfo)