Penyerahkan Laporan Hasil QA Maturitas SPIP Sekretariat Jenderal MPR RI

Iwan Taufik Purwanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa amanah penyelenggaraan SPIP dikukuhkan dalam RPJMN 2015-2019, khususnya dalam Bidang Aparatur Negara. Dalam RPJMN tersebut ditetapkan beberapa indikator kinerja yang menjadi target Kementerian/Lembaga, salah satunya adalah tingkat maturitas SPIP pada 85% K/L mencapai level 3, dan BPKPdiberi mandat untuk melakukan pembinaan penyelenggaraan SPIP kepada K/L.

Deputi PIP Bidang Polhukam PMK menyampaikan bahwa pencapaian maturitas SPIP level 3 di lingkungan Sekretariat Jenderal MPR sudah melalui proses sesuai pedoman yang telah ditetapkan oleh BPKP. Proses tersebut dimulai dengan membangun kepedulian di lingkup Sekretariat Jenderal MPR, kemudian dilakukan penilaian mandiri oleh Bagian Pengawasan internal MPR dan hasil penilaian mandiri tersebut kemudian dimintakan quality assurance kepada BPKP. Maturitas SPIP level 3 diperoleh berdasarkan hasil penjaminan kualitas SPIP pada Sekretariat Jenderal MPR yang dilakukan oleh Tim dari BPKP tersebut.

Deputi PIP BidangPolhukam PMK mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas capaian Maturitas SPIP Level 3 karena hal ini menunjukkan adanya itikad dan upaya sungguh-sungguh dalam mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. Deputi PIP Bidang Polhukam PMK berharap implementasi SPIP terus berproses karena dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal yang terus berubah membutuhkan pengendalian fleksibel dan dinamis pula dari manajemen dalam hal ini Sekretariat Jenderal MPR RI.

Sekretaris Jenderal MPR RI, Ma’ruf Cahyonomenyampaikan bahwa capaian Maturitas SPIP Level 3 menjadi pendorong dan pendukung agar sumber daya manusia yang bekerja di Sekretariat Jenderal MPR akan semakin baik ke depannya. Atas beberapa catatan dari BPKP yang perlu diperhatikan dalam implementasi SPIP di lingkungan Sekretariat Jenderal MPR, Sekjen MPR RI menilai catatan-catatan tersebut bukan menjadi permasalahan, menjadi instrumen pendorong untuk lebih meningkatkan hal-hal yang masih perlu diperbaiki.

Acara ditutup dengan foto bersama Sekjen MPR RI, Deputi Polhukam PMK, beserta jajaran masing-masing dan Tim QA Maturitas SPIP BPKP serta Tim SA Maturitas SPIP Setjen MPR RI.

Nazar/D2/mp