BPKP Berikan Piagam Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP pada Kemenkum HAM

Acara Penyerahan Penghargaan tersebut dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM, Sekretaris Jenderal, Inspektur Jenderal beserta para pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM dan dari BPKP Plt Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Polhukam PMK Ernadhi Sudarmanto serta undangan yang dirangkaikan dengan acara Rapat Kerja Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2019.

Plt Kepala BPKP Iswan Elmi dalam sambutannya menyatakan BPKP mengapresiasi prestasi Kementerian Hukum dan HAM atas capaian Maturitas SPIP Level 3 dan Kapabilitas APIP Level 3, hal ini adalah hasil kerja keras Kementerian Hukum dan HAM.

Iswan Elmi juga menyampaikan, penyelenggaraan  pemerintahan  harus dilaksanakanmelaluisuatuprosesyangakuntabel, sehinggatujuanpembangunandapatdicapaisecara efektifdan berkelanjutan. Upaya  pemerintahdalam membangun akuntabilitasdikembangkanmelalui upaya-upayayang terukur,yaitumelaluiduapilar akuntabilitas.Pilar pertamaadalahpeningkatan maturitasSistem PengendalianInternPemerintah (SPIP), dan pilar yang keduaadalah peningkatan kapabilitasAparat pengawasan Intern Pemerintah. Pemerintah menargetkankeduahal tersebutuntuk mencapailevel3padaakhirtahun2019. Tentunya targettersebut akansulittercapaitanpaadanya sinergi dan koordinasiseluruh pihak yang terkait.

PenerapanSPIPdiKementerian HukumdanHAM sudahmencapailevel3.Halini menunjukkan sudahterbangunnyainfrastruktur pengendaliandan implementasinya,sertahal tersebuttelahterdokumentasikan denganbaik. Capaianinilayakdiapresiasidandisyukurisebagai hasil  kerja  bersama  seluruh  pihak  terkait dapat menjadipemicu untuk mendapatkan capaian-capaianyang lebih baik lagi.

Selain melalui SPIP, akuntabilitaspenyelenggaraan pemerintahanjugadibangunmelalui pelaksanaan peranpengawasaninternyangoptimalolehAparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).   Dalam lingkungan strategispemerintahan saat iniyang sangat dinamis, APIPtidak cukuplagihanya berperan sebagai“pencarikesalahan”(watchdog)namun juga APIP diharapkanmampumemberikanlayananconsulting bagistakeholders. Dalam konteks ini capaian kapabilitas APIP turut berkontribusi pada upaya peningkatan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah.

 

Diakhir sambutannya Iswan Elmi mengucapkan selamat kepada Kementerian Hukum dan HAM ataspencapaian yang telahdidapatkan dan dapatsemakinmemotivasi pihak terkait untukberbuat lebih baik lagi di kemudian hari. Pada tahun 2019 BPKP telah melaksanakan Penjaminan Kualitas (Quality Assurance /QA) atas Kegiatan Penyelenggaraan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP di Kementerian Hukum dan HAM.

Hasil QA atas penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP pada Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2018 menunjukkan bahwa Kementerian telah memenuhi karakteristik maturitas penyelenggaraan SPIP pada Level 3 (terdefinisi) sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP dengan nilai skor QA sebesar 3,3091 sedangkan penilaian atas Kapabilitas APIP pada level 3 penuh.

Penghargaan juga diberikan kepada BPKP oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly sebagai ucapan terimakasih atas pelaksanaan kegiatan penjam        inan kualitas Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP.

Humas D202 Mario