Koordinasi Diseminasi Pedoman Pengawasan Pengadaan PNS Tahun 2018

Acara dibuka oleh Deputi Kepala BPKP Bidang PIP Bidang Polhukam PMK, selaku Ketua Tim Pengawas Panitia Seleksi Nasional, Ernadhi Sudarmanto. Peserta setidaknya dihadiri oleh 70 perwakilan APIP Kementerian Lembaga.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Pengawas Panitia Seleksi Nasional, menyampaikan bahwa sesuai SK Menpan PAN RB Nomor 16 tahun 2018, dan penyempurnaannya Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Panitia Seleksi Nasional Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, Tim Pengawas Panselnas berkoordinasi dengan APIP K/L dan Daerah(jika diperlukan). Namun dari hasil diskusi, masukan pendapat, dan berbagai pertimbangan, disepakat bahwa hal tersebut sebagai amanah/tugas APIP. Jadi disepakati bahwa APIP harus mengawasi dan mengawal adalah tahapan pengadaan  CPNS.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Direktur PLP Bidang Polsoskam Lainnya, Iwan Taufik yang memprersentasikan Gambaran Umum Pengadaan PNS Tahun 2018, Desain Pengawasannya(tools dan rangkaiannya), Petunjuk Teknis dan Aplikasinya.

Sebelum ditutup, setelah diberikan penjelasan terkait proses pengawasan (monitoring atau reviu), dilakukan simulasi pengoperasian dan pengisian data hasil pengawasan melalui aplikasi.

 

(BK-Mario)