Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK

Berita Seputar Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK

SPIP: Mengawal Program Kesejahteraan Rakyat
05 Januari 2017 13:35:44 / polsoskam / dibaca: 177 kali / Kat: SPIP

Deputi Kepala BPKP Bidang PIP Bidang Polhukan PMK, Binsar H Simanjuntak, menyampaikan pentingnya implementasi SPIP yang efektif dalam rangka mengawal Program-program Penanggulangan Kemiskinan di lingkungan Kementerian Sosial.  

Hal tersebut disampaikan Bapak Deputi kepada sekitar 450 peserta workshopanti korupsi di lingkungan Kementerian Sosial yang terdiri oleh pejabat Struktural Eselon I, II, III beserta staf dan Kepala Unit Pelaksana Teknis se-Jabotabek, Bandung dan Sukabumi. Acara workshopdiselenggarakan pada hari Kamis tanggal 22 Desember 2016 bertempat di Aula Aneka Bhakti, Kementerian Sosial. Acara dibuka oleh Menteri Sosial Ibu Khofifah Indar Parawansa dan dihadiri beberapa narasumber lain yaitu Ketua BPK Dr. Harry Azhar Azis, MA, Menteri PAN dan RB Asman Abnur, SE, M.Si, dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, serta dihadiri juga Ketua Komisi VIII DPR RI Bapak M. Ali Taher selaku komisi yang membahahi bidang agama dan sosial. 

Workshopdilaksanakan untuk mewujudkan adanya penyelenggaraan negara yang baik dan bersih (good government and clean governance) dengan tema “Bersih Hati, Tegak Integritas, Kerja Profesional untuk Indonesia Tangguh”. Tujuan dari workshopadalah untuk meningkatkan pemahaman aparatur Kementerian Sosial dalam membangun komitmen dan integritas serta tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta menumbuhkan kesadaran para pemangku kepentingan terhadap pencegahan dan pemberantasan korupsi di lingkungan Kementerai Sosial.  

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Binsar H. Simanjuntak menyampaikan bahwa menurut Pasal 55 (4) dan Pasal 58 (1) dan (20) Undang Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dinyatakan bahwa Menteri/Kepala Lembaga wajib menyelenggarakan Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang memadai. Saat ini, pada umumnya setiap Kementerian/Lembaga telah menyelenggarakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, namun masih perlu dilakukan peningkatan efektifitas penyelenggaraan SPIP termasuk juga peningkatan pengawasan intern oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sesuai Pasal 48 PP 60 Tahun 2008. 

Peningkatan efektifitas penyelenggaraan SPIP tersebut diamanahkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN Tahun 2015-2019, yang dinyatakan bahwa target di tahun 2019 untuk Tingkat Maturitas SPIP dan Tingkat Kapabilitas APIP adalah pada Level 3. Tingkat Maturitas SPIP Level 3 artinya telah ada pratik pengendalian intern yang memadai dan terdokumentasi dengan baik, sedangkan Tingkat Kapabilitas APIP Level 3 artinya APIP telah mampu menilai efisiensi, efektifitas dan ke-ekonomisan suatu kegiatan dan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, menejemen risiko dan pengendalian intern. 

Oleh karena itu Bapak Deputi mengajak kepada seluruh peserta workshopagar berperan serta secara aktif dalam meningkatkan efektifitas penyelenggaraan SPIP agar tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien, aset negara dapat terjaga keamanannya, tersusunnya Laporan Keuangan yang relevan dan dapat dipercaya serta adanya ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan termasuk peraturan yang terkait tindak pidana korupsi. Pada akhirnya, dengan penerapan SPIP yang efektif diharapkan program-program penanggulangan kemiskinan di lingkungan Kementerian Sosial dapat dilaksanakan secara optimal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

(humas D2 rpurwoko/mpermina)  

 



Share      

Berita Terkait:

16 Nopember 2016 10:11:19 / polsoskam / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pentingnya Penilaian Maturitas SPIP di Kemenlu
07 Mei 2015 05:27:46 / polsoskam / dibaca: kali / Kat: SPIP
SPIP dan Manajemen Risiko Untuk Pejabat Eselon satu di Kemkominfo
14 Oktober 2014 09:34:24 / polsoskam / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pengarahan Deputi Polsoskam kepada Pegawai TUP II
31 Desember 2013 11:59:32 / polsoskam / dibaca: kali / Kat: SPIP
PENINGKATAN INTEGRITAS APARATUR DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI SPIP DISIAPKAN SEBAGAI ALAT PENGANDALI
24 September 2013 09:25:41 / polsoskam / dibaca: kali / Kat: SPIP
Rekatkan Komunikasi, Melalui Arahan Deputi Polsoskam, Binsar H. Simanjuntak di BPKP DIY