Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK

Berita Seputar Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK

Pentingnya Penilaian Maturitas SPIP di Kemenlu
16 Nopember 2016 10:11:19 / polsoskam / dibaca: 167 kali / Kat: SPIP

Dalam pelaksanaan tersebut dihadiri oleh para Pejabat Eselon I dan II di Lingkungan Kemlu RI 

Serta dihadiri juga dari BPKP Deputi PIP Bidang Polhukam PMK Binsar Simanjuntak, Direktur PLP Bidang Polsoskam Djoko Prihardono dan staf acara tersebut diselenggarakan di Ruang Nusantara Kantor Kementerian Luar Neger, Jakarta (9/11/2016).

 

Sosialisasi SPIP di Kemenlu dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri. Pada kata sambutannya, Wamenlu mengatakan bahwa SPIP dapat diibaratkan sebagai “minyak pelumas” yang dapat mempercepat dan memperlancar jalannya mesin birokrasi di Kemenlu. SPIP juga berfungsi sebagai built in mechanism dalam organisasi, yaitu seluruh anggota organisasi secara otomatis saling mengawasi dalam menjalankan birokrasi. Jika diterapkan, SPIP akan dapat membantu memperlancar tugas-tugas Kemenlu dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Oleh karena itu Wamenlu mengajak kepada seluruh peserta yang hadir agar dapat segera mengimplementasikan SPIP sehingga dapat meningkatkan kinerja seluruh pegawai Kemenlu dan pada akhirnya akan membuat Kinerja Kemenlu menjadi optimal dan sesuai dengan target yang ditetapkan.

 

Pada sosialisasi tersebut, seluruh penyaji sepakat bahwa untuk menerapkan SPIP di Kemenlu, harus diperlukan keteladanan pimpinan (tone at the top) dalam mengaplikasikan infrastruktur SPIP yang sudah dibangun. Oleh karena, sampai dengan saat ini penerapan SPIP di Kementerian Luar Negeri belum pernah dilakukan evaluasi, maka proses penilaian maturitas SPIP di Kementerian Luar Negeri yang dilakukan BPKP sangat diperlukan untuk menentukan base line, nilai maturitas SPIP di Kemenlu. Dari nilai base line tersebut, akan diketahui area-area yang masih harus diperbaiki atas penerapan SPIP di Kemenlu yang nantinya akan menghasilkan rencana tindak pengendalian (RTP) penerapan SPIP di masa yang akan datang.

 

(humas D2 r.purwoko/mpermina)

 

 



Share      

Berita Terkait:

05 Januari 2017 13:35:44 / polsoskam / dibaca: kali / Kat: SPIP
SPIP: Mengawal Program Kesejahteraan Rakyat
07 Mei 2015 05:27:46 / polsoskam / dibaca: kali / Kat: SPIP
SPIP dan Manajemen Risiko Untuk Pejabat Eselon satu di Kemkominfo
14 Oktober 2014 09:34:24 / polsoskam / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pengarahan Deputi Polsoskam kepada Pegawai TUP II
31 Desember 2013 11:59:32 / polsoskam / dibaca: kali / Kat: SPIP
PENINGKATAN INTEGRITAS APARATUR DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI SPIP DISIAPKAN SEBAGAI ALAT PENGANDALI
24 September 2013 09:25:41 / polsoskam / dibaca: kali / Kat: SPIP
Rekatkan Komunikasi, Melalui Arahan Deputi Polsoskam, Binsar H. Simanjuntak di BPKP DIY