Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian

SAMBUTAN OPN

SAMBUTAN KETUA TIM TEKNIS OPN

Salam Sejahtera bagi kita semua,

Sebagai salah satu program penting dalam upaya menciptakan kesinambungan fiskal yang telah dicanangkan oleh pemerintah dalam Rencana Kerja Jangka Menengah tahun 2004-2009, adalah program peningkatan penerimaan negara dan pengamanan keuangan negara. Program tersebut merupakan kebijakan fiskal yang ditempuh melalui reformasi kebijakan dan administrasi di bidang perpajakan dan kepabeanan, serta optimalisasi penerimaan negara bukan pajak baik dari jenisnya maupun perbaikan administrasinya. Tim Teknis OPN, yang merupakan wadah koordinatif antar instansi, sangatlah terkait dengan program peningkatan penerimaan negara tersebut. Oleh sebab itu, kegiatan dan arah kebijakan Tim Teknis OPN selalu diselaraskan dengan program dimaksud sehingga dapat mendukung keberhasilan peningkatan penerimaan negara.

Selama tahun 2008, Tim Teknis OPN menghasilkan nilai temuan audit sebesar Rp7,96 trilyun meliputi temuan penghematan keuangan Negara sebesar Rp2,94 trilyun dan temuan penyetoran ke Kas Negara sebesar Rp5,02 trilyun, dengan realisasi tindak lanjut berupa setoran sebesar Rp157,39 milyar. Sedangkan nilai temuan audit kumulatif sejak berdirinya Tim OPN (tahun 1998 hingga tahun 2008) adalah sebesar Rp40,03 trilyun dan realisasi tindak lanjut Rp24,55 trilyun.

Disamping temuan yang sudah definitif tersebut di atas, pada tahun 2008 masih terdapat temuan potensial, yaitu hasil audit atas wajib pajak/wajib bayar yang masih harus dibahas terlebih dahulu dengan instansi terkait, sebesar Rp397,54 milyar.

Selain kegiatan audit, kegiatan lain yang telah dan terus dikembangkan oleh Tim Teknis OPN adalah evaluasi peraturan dan kajian potensi penerimaan, yang hasilnya disampaikan kepada instansi terkait sebagai masukan dalam penyempurnaan ketentuan yang berhubungan dengan penerimaan negara.

Keberhasilan yang telah dicapai selama ini merupakan hasil kerja keras serta semangat sinerji dari seluruh Tim OPN yang perlu dijaga dan ditingkatkan. Untuk itulah, partisipasi yang lebih aktif dan nyata dari seluruh instansi mitra terkait untuk secara bersama-sama memecahkan hambatan-hambatan yang dijumpai merupakan suatu harapan yang realistis sekaligus suatu solusi nyata dan terpahami oleh seluruh instansi mitra. Bermodalkan kebersamaan dan komitmen yang tinggi untuk terus memberikan kontribusi yang terbaik, kami optimis Tim OPN pada tahun 2009 akan memberikan kinerja yang lebih baik.

Penghargaan dan terima kasih setinggi-tingginya, kami haturkan kepada semua pihak yang mendukung keberhasilan capaian kinerja Tim Teknis OPN pada tahun 2008 dan sebelumnya, semoga kita semua senantiasa diberikan kekuatan untuk dapat membenahi kekurangan-kekurangan yang ada dan terus bekerja keras dalam rangka mengoptimalkan penerimaan negara di tahun-tahun berikutnya.

Amin

Jakarta, 14 Mei 2009

Binsar H. Simanjuntak


Share   
PROFIL DEPUTI PEREKONOMIAN DAN KEMARITIMAN
Visi dan Misi
Pengantar Deputi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia (SDM)
Motto dan Jinggel
PRODUK
Pedoman Pengawasan
Hasil Pengawasan
SATUAN TUGAS
Audit BLN
Tim OPN
Audit RDI
Topik Pilihan
IPM
EP Program 2008
PNBP
PKPS BBM
Download
PP 60 Tahun 2008
INPRES 9 Tahun 2014
PERPRES 192 Tahun 2014
INFORMASI PUBLIK
Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP)
Laporan Kinerja (LKj)

PENGUNJUNG

Free and good Web Counter

Deputi Bidang Pengawasan Instansi
Pemerintah Bidang Perekonomian 
dan Kemaritiman
Gedung BPKP Lantai VI
Jl. Pramuka 33, Jakarta 13120
Telp. 021-85910031 (hunting) ext:0318
E-mail : deputi1@bpkp.go.id