Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian

Berita Seputar Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian

Workshop Implementasi Aplikasi Surat Tugas
14 Januari 2013 17:00:57 / perekonomian / dibaca: 854 kali / Kat: Wilayah Tertib Administrasi

AULA GANDHI, 10 Januari 2013,

Workshop Implementasi Aplikasi Surat Tugas

Pendukung Dashboard Deputi PIP Bidang Perekonomian.

 

Bapak Binsar H. Simanjuntak mengatakan, “Cara kerja kita sekarang harus lebih maju  dari pada cara kerja kita  10, 20, 30 tahun lalu, waktu saya mulai bekerja sebagai pemeriksa”. Deputi PIP Bidang Perekonomian itu menambahkan,  ”Deputi Perekonomian mulai tahun 2013 ini, harus berani melangkah maju menuju paperless office”. Demikian dua hal penting dari Beliau yang disampaikan dalam pengarahan workshop.

Workshop  berlangsung satu hari, 10 Januari 2013. Rangkaian acara pembukaan dilaksanakan mulai  pukul 09.00 di Aula Gandhi Gedung BPKP Pusat, sementara materi workshop disampaikan mulai pukul 13.00 WIB di lantai 7 gedung yang sama, ruang workshop Pusinfowas.

Bapak Djoko Prihardono, Direktur Pengawasan Fiskal dan Investasi, dalam pengantar pembukaan mengatakan bahwa workshop ini merupakan kelanjutan kerjasama Deputi PIP Bidang Perekonomian dengan Pusat Informasi Pengawasan, Pusinfowas. Melalui Bapak Rudy M. Harahap, Kepala Bidang Pengembangan Sistem Informasi, Bapak Djoko Prihardono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Ani Maharsih, Kepala Pusinfowas, atas kerja sama pembangunan Dashboard Deputi PIP Bidang Perekonomian.

Diawali pengantar dari Bapak Rudy, Bapak Eko Hargianto, dari Pusinfowas, menyampaikan paparan Dashboard Deputi PIP Bidang Perekonomian.

Dashboard  ini merupakan kerja bareng Tim Pusinfowas dan Tim Deputi I. Tim Pusinfowas dalam hal ini  dikoordinasikan oleh Bapak Kasubbid, David Bobby. Tim Deputi I diarahkan Kasubditwas Investasi, Bapak Khairudin, dan dikoordinasikan oleh Ibu Sofyani.

Selain menampilkan fitur-fitur Dashboard, Bapak Eko juga menegaskan diperlukannya aplikasi-aplikasi pendukung yang mengumpan data ke dalam dashboard. Aplikasi Penyusunan Surat Tugas ini  diharapkan akan segera didampingi oleh Aplikasi Penyusunan Laporan Penugasan dan Aplikasi Penyusunan Kertas Kerja Penugasan.  

 

 

Difasilitasi oleh  pusinfowas, berupa ruang workshop yang lengkap dengan desktop dan jaringan nirkabel, praktek penggunaan aplikasi surat tugas dilangsungkan dalam dua sesi. Tiap sesi dikuti oleh 20 orang pengendali teknis di lingkungan Deputi PIP Bidang perekonomian. Bapak Kuncara Yudhabakti dan Bapak Krishno telah menyiapkan dengan baik ketersediaan jaringan di ruang workshop ini, sehingga workshop dapat berjalandengan baik.

Dipimpin oleh Ibu Sofyani, dibantu oleh Ibu Lalan dan Bapak Yosef, materi workshop disampaikan oleh Bapak Helmi. Materi  berisi penjelasan tentang aplikasi berbasis web beserta kelebihan dan kekurangannya. Selanjutnya para peserta dipersilahkan melakukan login kedalam jaringan nirkabel, mencoba masuk ke aplikasi, mengisi form  registrasi, form login, dan mulai membuat konsep surat tugas dan akhirnya logout.

Peserta kemudian dipersilahkan masuk sebagai admin, untuk melihat langsung data yang telah masuk ke dalam database, sebagai produk dari proses register, proses login dan proses pembuatan konsep surat tugas. Dengan demikian diharapkan masing-masing peserta melihat  dengan kasat mata “data fisik” produk dari rangkaian proses pembuatan sura tugas yang dilakukannya.

Setelah  meneliti sendiri data yang dihasilkannya, peserta dipersilahkan login kembali. Kali ini peserta login sebagai reviewer, sehingga dapat melihat menu review, menu edit dan menu final. Peserta didorong mencoba menu review, menu edit dan menu final, kemudian menu cetak dan logout. Diakhir workshop beberapa peserta memberi masukan yang dapat meningkatkan keandalan dan kelengkapan aplikasi.  (Helmi/Sofyani/Khairudin)

 
 
 
 
 
 


Share      

Berita Terkait:



PROFIL DEPUTI PEREKONOMIAN
Visi dan Misi
Pengantar Deputi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia (SDM)
Motto dan Jinggel
PRODUK
Pedoman Pengawasan
Hasil Pengawasan
SATUAN TUGAS
Audit BLN
Tim OPN
Audit RDI
Topik Pilihan
IPM
EP Program 2008
PNBP
PKPS BBM
Download
PP 60 Tahun 2008
INFORMASI PUBLIK
LAKIP Tahun 2011
LAKIP Tahun 2012
LAKIP Tahun 2013

PENGUNJUNG

Free and good Web Counter

Deputi Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Perekonomian
Gedung BPKP Lantai VI
Jl. Pramuka 33,
Jakarta 13120
Telp. 021-85910031 (hunting) ext:0318
E-mail : deputi1@bpkp.go.id