BPKP Papua Kembali Adakan Serial Workshop Kapabilitas APIP

JAYAPURA (02/08) BPKP Papua kembali menyelenggarakan Serial Workshop Kapabilitas APIP dengan tema “Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan ATT PBJ Almatkes yang bersumber dari APBD”. Acara dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom diikuti secara antusias oleh pegawai APIP dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada peserta dari BPK RI di samping para auditor BPKP sendiri.

Workshop dibuka oleh Kaper BPKP Papua, Yan Setiadi. Dalam sambutannya, Yan Setiadi mengajak para APIP untuk dapat berperan aktif dalam mengawal program-program Pemulihan Ekonomi Nasional dan dapat memberikan rekomendasi yang efektif untuk membantu meringankan beban masyarakat terutama akibat dampak Covid-19. Saat ini kehadiran BPKP dan APIP sangat kritikal dalam mengawal program-program Pemerintah di bidang kesehatan, seperti vaksinasi, pembayaran insentif nakes, penyaluran bantuan obat-obatan Covid-19. Adapun di bidang sosial, di antaranya penyaluran Bantuan Sosial Tunai, bantuan beras masa PPKM Darurat yang ditujukan kepada KPM BST dan PKH serta Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Selain itu, di bidang ekonomi, penyaluran Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro juga perlu dilakukan pengawalan dan pengawasan oleh BPKP dan Inspektorat Daerah. “Inilah bukti nyata bahwa BPKP hadir dan bermanfaat, sesuai arahan Kepala BPKP dalam berbagai kesempatan” tandas Yan Setiadi.

Acara workshop yang diikuti oleh lebih dari 300 orang peserta tersebut menunjukkan minat yang tinggi di kalangan APIP. Materi PEN dibawakan oleh Roni Medison, Korwas Bidang IPP, sementara materi ATT PBJ Almatkes dibawakan oleh Doni K. Subardo, Auditor Muda BPKP Papua. Di akhir materi dilaksanakan sesi diskusi dengan seluruh peserta workshop.

Workshop Kapabilitas APIP merupakan kegiatan reguler bulanan yang diselenggarakan oleh BPKP Papua untuk meningkatkan kompetensi SDM APIP Daerah di wilayah Papua dan Indonesia pada umumnya.