BPKP Papua Kawal Penyaluran Perdana Bantuan Beras PPKM Darurat Tahun 2021 di Kabupaten Keerom

ARSO (Kamis, 29 Juli 2021) bertempat di Kantor Bupati Keerom, Jalan Arso Kota Kecamatan Arso, Kabupaten Keerom, Pronvinsi Papua, diselenggarakan acara launching penyaluran perdana bantuan beras PPKM Darurat Tahun 2021 untuk KPM PKH di Kabupaten Keerom.

Tim BPKP hadir langsung pada acara yang secara resmi diluncurkan oleh Bupati Kabupaten Keerom Piter Gusbager bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Keerom Daniel P. Pasanda,  Inspektur Kabupaten Keerom, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Keerom, Kepala Bidang Komersial Perwakilan Bulog Divisi Regional Papua dan Papua Barat, dan Pendamping PKH pada Kabupaten Keerom.

Dalam sambutannya, Piter Gusbager menyatakan mendukung penuh program penyaluran bantuan ini, namun diakuinya masih terdapat kekurangan pendataan penduduk miskin di Kabupaten Keerom, untuk itu pihaknya beserta jajaran OPD terkait masih terus melakukan pendataan calon penerima manfaat. Meskipun demikian hal tersebut diharapkan tidak mengurangi kecepatan penyaluran bantuan kepada masyarakat khususnya yang terdampak PPKM akibat pandemi COVID-19 di Kabupaten Keerom.

Selain itu Piter juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat penyaluran bantuan termasuk kepada BPKP Papua sebagai pihak yang mengawasi penyaluran bantuan beras dalam rangka PPKM di Kabupaten Keerom.

Seusai launching, Tim BPKP Papua beserta Tim Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat juga meninjau langsung ke lokasi penyaluran beras untuk KPM di Kampung Warbo Distrik Arso Barat tepatnya di rumah Ketua KPM Jalan Defapre, Jalur IV sebagai titik penyaluran beras. Sebanyak 530 Kg beras untuk 53 KPM PKH disalurkan di Kampung Warbo. Pada kesempatan yang sama, Tim juga meninjau langsung ke lokasi penyaluran di Kampung Baburia, Distrik Arso Barat tepatnya di Kantor Kampung Baburia sebagai titik penyaluran beras berikutnya, sebanyak 260 Kg beras untuk 26 KPM PKH disalurkan di Kampung Baburia. Salah satu KPM yang sempat dikonfirmasi di lapangan, Lira Kogoya menyatakan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan, selain itu diakuinya beras yang disalurkan memiliki kualitas yang baik.

Untuk Kabupaten Keerom, Bulog telah menyiapkan sebanyak 25.230 Kg beras untuk 2.523 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang disalurkan secara bertahap. Transporter yang telah ditunjuk oleh Bulog Pusat, dibantu oleh pendamping lapangan dan dinas sosial setempat  melakukan penyaluran beras hingga sampai langsung ke tangan KPM.

Pada penyaluran perdana di Kabupaten Keerom ini, Bulog telah menyalurkan sebanyak 8.580 Kg beras dengan rincian 7.790 kg beras untuk 779 Keluarga KPM Program Keluarga Harapan (PKH) pada Distrik Skanto, dan 790 kg beras untuk 79 KPM PKH pada Distrik Arso Barat.

Secara berkesinambungan, Perwakilan BPKP Provinsi Papua akan terus mengawal penyaluran bantuan beras PPKM Darurat agar berjalan lancar, tepat sasaran, transparan, dan akuntabel.