BPKP Papua Kawal Penyaluran Beras PPKM Darurat dan BST Tahun 2021

Jayapura (18/07) bertempat di Gudang Bulog Argapura, Jalan Santarosa No. 3 Kelurahan Ardipura Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Provinsi Papua, diselenggarakan acara launching penyaluran perdana bantuan beras PPKM Darurat Tahun 2021 untuk Keluarga Penerima Manfaat, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Acara yang secara resmi diluncurkan oleh Walikota Kota Jayapura
Benhur Tommy Mano bersama Kepala Kantor Perwakilan Bulog Divisi Regional Papua dan Papua Barat, Muhammad Alexander, perwakilan Dinas Sosial Kota Jayapura, dan disaksikan oleh  Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Yan Setiadi ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI melalui Kementerian Sosial yang diminta segera menyalurkan bantuan berupa beras 10 kg melalui Bulog kepada Keluarga Penerima Manfaat Program (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Secara nasional Bulog telah menyiapkan beras sebanyak 200.00 ton untuk tambahan bangtuan beras PPKM ini sesuai hasil rapat dengan Presiden bersama sejumlah menteri terkait pada masa PPKM Darurat ini. Penyaluran bantuan beras dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Untuk di wilayah Papua, kegiatan tersebut dilakukan seiring dengan ditetapkan Kota Jayapura menjadi daerah dengan PPKM Darurat.

Sebagaimana telah diinstruksikan oleh Kepala BPKP, M. Yusuf Ateh, bahwa BPKP di seluruh Indonesia harus mengawal proses penyaluran semua bantuan pemerintah agar berjalan efektif, transparan, dan akuntabel. Dalam kegiatan launching di Jayapura tersebut telah diserahkan secara simbolis kepada 6 KPM asal Abepura (dari jumlah KPM keseluruhan sebanyak 11.219 KPM di Kota Jayapura) diikuti pelepasan 2 truk pengangkut beras bantuan yang berangkat menuju tempat pembagian kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Pemerintah tidak tinggal diam merespon kebutuhan masyarakat pada masa yang sulit seperti sekarang ini. Bantuan beras ini diharapkan dapat meringkankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 ini” tandas Walikota B.T. Mano. Namun kepada para wartawan yang hadir, B.T. Mano secara tegas mengingatkan agar anggota masyarakat meningkatkan disiplin mereka dalam menjalankan prokes agar penambahan kasus pasien Covid-19 dapat ditekan, mengingat hampir semua fasyankes di Kota Jayapura sudah penuh pasien.

Sementara itu, Muhammad Alexander dalam sambutannya menyatakan kesiapan Bulog dalam menyediakan beras bantuan dan memberikan apresiasi atas kehadiran dan komitmen Walikota Jayapura atas kegiatan launching ini dan berharap kepada Pemkot Jayapura melalui Dinas Sosial dapat terus bersama-sama bersinergi mendukung program ini. Harapannya agar kegiatan ini juga terus dikawal oleh BPKP. Senada dengan hal tersebut, Kaper BPKP Papua merespon positif dan memberikan apresiasi kegiatan yang bersifat kolaboratif ini, karena memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Yan Setiadi menekankan bahwa tugas BPKP adalah mengawal untuk memastikan agar penyaluran bantuan pemerintah tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat kualitas, dan tidak ada kecurangan. Untuk itu diperlukan integritas dan etika dalam melaksanakan mandat ini oleh seluruh stakeholders terkait, agar pelaksanaan penyaluran bantuan sosial berjalan lancar dan baik serta manfaatnya betul-betul dirasakan oleh masyarakat Papua.

Sebelum berakhir, beberapa perwakilan anggota masyarakat sebagai bagian dari KPM menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan YME dan berterima kasih atas bantuan pemerintah ini. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga masyarakat dapat beraktivitas normal kembali dan roda pembangunan di Papua dapat terus dilanjutkan.