Inspektorat Kab. Puncak Jaya Gandeng BPKP Papua Tingkatkan Kompetensi SDM Pengawasan

JAYAPURA- (13/07/21) bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Papua, telah dilaksanakan Workshop bagi pegawai APIP di lingkungan Inspektorat Kabupaten Puncak Jaya. Workshop secara resmi dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi, Yan Setiadi. Acara ini merupakan tindak lanjut pembicaraan antara Inspektur Kabupaten Puncak Jaya Muhammad Ahyar dengan Kaper BPKP Papua beberapa hari sebelumnya. Dalam sambutannya, Yan Setiadi menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya yang memberikan perhatian pada peningkatan kapasitas SDM, khususnya di bidang Pengawasan. “APIP adalah unit kerja yang unik, spesial, dan berbeda dengan OPD lain dalam hal posisi strategisnya sebagai pemberi jaminan, pemberi advis kepada Kepala Daerah bahwa penyelenggaraan pemerintahan berjalan sesuai prinsip-prinsip good governance” tegas Yan.

Dalam arahannya, Kaper BPKP Papua juga menjelaskan bahwa APIP dapat memanfaatkan bentuk/instrumen pengawasan sesuai dengan kebutuhan. Semua instrumen pengawasan berdasarkan standar yang berlaku nasional yang diterbitkan oleh AAIPI. Karena sumberdaya utama APIP adalah SDM, maka setiap pegawai Inspektorat wajib bertanggungjawab terhadap diri dan organisasinya dengan cara selalu bersikap dan bertindak secara profesional, obyektif, dan independen. Untuk itu kegiatan workshop ini diharapkan dapat dicontoh oleh Inspektorat daerah lainnya di Papua agar APIP memainkan peran, tugas dan fungsi secara optimal dalam mewujudkan akuntabilitas dan mencegah korupsi, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi. Pada sesi pembukaan, Inspektur Puncak Jaya diwakili Irban Iskandar, juga menyampaikan bahwa selain workshop merupakan bagian dari langkah aksi MCP yang diinisiasi oleh KPK RI, kerja sama dengan BPKP Papua sangat dibutuhkan agar Inspektorat Kabupaten Puncak Jaya dapat melaksanakan tugas pengawasan secara maksimal.

Workshop diikuti oleh 14 pegawai APIP di lingkungan Inspektorat Kabupaten Puncak Jaya dan diselenggarakan pada tanggal 13 s.d. 16 Juli 2021. Selama empat hari tersebut dibahas materi tentang Probity Audit, Reviu RKA, dan Reviu SPJ, dengan narasumber pejabat dan PFA dari BPKP Papua. Kegiatan diselenggarakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Semoga bermanfaat bagi Pemkab Puncak Jaya dan masyarakat Papua pada umumnya.