Peran APIP dalam membangun akuntabilitas

Sentani (15/04) bertempat di Hotel Suni Garden Lake, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Yan Setiadi, menutup acara Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP dalam rangka Mengawal Akuntabilitas Pembangunan Nasional yang diselenggarakan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Papua dan dihadiri oleh 23 peserta dari 8 Inspektorat Kabupaten di wilayah Provinsi Papua, yaitu Inspektorat Kabupaten Waropen, Inspektorat Kabupaten Jayapura, Inspektorat Kabupaten Tolikara, Inspektorat Kabupaten Nabire, Inspektorat Kabupaten Kepulauan Yapen, Inspektorat Kabupaten Biak Numfor, Inspektorat Kabupaten Sarmi, dan Inspektorat Kabupaten Dogiyai.

Kegiatan selama 3 hari ini peserta diberikan materi tentang Peningkatan Kapabilitas APIP, Penilaian Mandiri Kapabilitas APIP, dan Panduan Praktis APIP dalam Pencegahan Tindak Penyimpangan. Ketua Tim Bimtek ini, Setyo Wahyu Nugroho, menyampaikan bahwa APIP berperan pada lini ketiga yang tugasnya sebagai unit khusus yang independen  dan  objektif dalam memberikan jasa  assurance dan consulting serta melaporkan hasil pengawasannya kepada pimpinan tertinggi organisasi.

Dipenghujung acara, Yan Setiadi didampingi oleh Korwas P3A, Bapak Eko Hery Winarno menutup acara Bimtek Peninngkatan Kapabilitas APIP. Dalam sambutannya Yan Setiadi menyampaikan bahwa Kapabilitas APIP terdari dari 3 aspek yaitu kewenangan, jumlah SDM, dan anggaran. Yan berharap agar para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat melalui kegiatan bimtek ini dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP untuk mengawal akuntabilitas pembangunan nasional karena kita sadari bahwa peran APIP sekarang tidak hanya bersifat represif tetapi juga bersifat preventif. Selain itu,  Eko Hery Winarno juga berharap semoga setelah acara ini Inspektorat menindaklanjutinya dengan melakukan perbaikan atas instrument Key Process Area (KPA) di enam elemen yang belum ada atau perlu dilengkapi. Selanjutnya APIP dapat melakukan penilaian mandiri dan menghasilkan level kapabilitas yang lebih baik (level 3) dari kondisi sebelumnya.

(Kominfo BPKP Papua/Dimas)