Perwakilan BPKP Provinsi Papua

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Papua

Live Talkshow RRI : Mencegahan Korupsi dalam Penanganan Covid-19 di Wilayah Papua bersama BPKP Papua
19 Juni 2020 14:40:22 / papua / dibaca: 104 kali / Kat: Audit

Kegiatan Live Talkshow RRI bertujuan untuk menyebarluaskan informasi terkini kepada masyarakat berkaitan dengan Pencegahan Korupsi dalam Penanganan Covid-19 di Wilayah Papua

Pelaksanaan percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19 yang terjadi sekarang ini, memungkinkan terjadinya berbagai penyimpangan atas penggunaan dana penanganan Covid-19.Oleh karena itu Perwakilan BPKPProvinsi Papua, KPK dan Pemerintah Daerahperlu berkolaborasi dalam kegiatan pencegahan tersebut. Untuk menjelaskan berbagai regulasi dan pencegahan korupsi dalam Penanganan Covid-19,Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua berkesempatan menjadi narasumber dalam acara Talkshow Live RRI yang berjudul Pencegahan Korupsi dalam Penanganan Covid-19 di Papua (19/06).

 

Live Talkshowini dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom bersama 3 Narasumber yaitu  Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua (Sueb Cahyadi), Kasatgas Korwil 9 KPK RI (Sugeng Basuki) dan Pemerintah provinsi Papuayang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat/Plh. Sekda Provinsi Papua(DR. Drs. Muhammad Musaad, M.Si) dan Inspektur Provinsi Papua (Anggiat Situmorang) . Live Talkshowini juga bertujuan untuk menyebarluaskan informasi terkini kepada masyarakat berkaitan dengan Pencegahan Korupsi dalam Penanganan Covid-19 di Wilayah Papua.

 

Audiencedalam acara ini adalah seluruh APIP, Seluruh Kadinsos, Seluruh Kasatgas Penangangan Bencana Covid, Seluruh Kadiskominfo, Seluruh Admin MCP, dan Masyarakat di wilayah Provinsi Papua.

 

Dalam kesempatan ini Sueb Cahyadi, menjelaskan Peran BPKP dalam pendampingan dan pengawasan Penanganan Covid-19 di Papua terkait hasil sinkronisasi DTKS dari Pemerintah Pusat dan Pemda serta Pendampingan PBJ terkait Covid-19.

 

Selain itu Sueb juga menyampaikan bahwa BPKP menyediakan Kanal Pengaduan bagi masyarakat di website BPKP apabila ditemukan penyimpangan penanganan covid-19. Sueb juga berpesan agar masyarakat memberikan kontribusi atau masukan terkait tata kelola pemerintah, jadi bukan hanya pelaporan mengenai penyimpangan saja. Pada masa pandemic covid-19 ini memberikan hikmah bagaimana kita bisa memperbaiki database dan berinteraksi secara elektronik sehingga dapat memperbaiki proses bisnis pemerintahan.

 

Sementara itu, Musaad menyadari bahwa apa yang dimiliki oleh Pemprov  Papua masih terbatas, salah satunya dari aspek-aspek pengawasan APIP. Dalam pencegahan korupsi penanganan covid-19 di Papua Pemprov Papua juga mengefektifkan APIP yang mereka miliki serta melakukan kerja sama dengan Aparat Penegak Hukum yang lainnya dan juga dengan BPKP.

Sugeng juga menegaskan bahwa terkait penyimpangan korupsi dalam situasi bencana seperti ini, ancamannya pidana mati.

Maka dari itu instansi pemerintah yang terkait melakukan pendampingan, pengawalan dan pegawasan dalam rangka memastikan agar program pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19 dapat dilakukan secara tepat sasaran tanpa adanya penyimpangan dan tindak pidana korupsi.

(Kominfo/FAM)



Share      

Berita Terkait:

05 Juni 2020 08:24:45 / papua / dibaca: kali / Kat: Audit
BPKP Papua Pantau Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Kabupaten Jayapura
02 Maret 2020 14:16:19 / papua / dibaca: kali / Kat: Audit
Membantu mensukseskan PON XX di Merauke, Kepala BPKP Papua meninjau progress pembangunan fasilitas
22 Pebruari 2019 08:50:33 / papua / dibaca: kali / Kat: Audit
Persiapan Audit DJS Kesehatan Tahap II, BPKP Papua Terima Paparan Deputi Direksi soal FKTP
20 Pebruari 2019 17:16:04 / papua / dibaca: kali / Kat: Audit
Kick Off Meeting Audit BPJS BPKP Papua dan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Papua dan Papua Barat
18 Pebruari 2019 12:54:16 / papua / dibaca: kali / Kat: Audit
Antara BPKP, BPJS, dan Dana Jaminan Sosial


Profil Papua
Kata Pengantar
Struktur Organisasi
Tugas Pokok dan Fungsi
Sumber Daya Manusia
Visi dan Misi
Informasi Publik
Rencana Aksi
Produk Perwakilan
Posisi Laporan Keuangan
Renstra, Renja, Tapkin dan LAKIP

Contact Person

PERWAKILAN BPKP PROVINSI PAPUA
Jalan Pasifik Indah III, Pasir Dua, Jayapura, Papua 99117
Telp (0967) 542750, Fax (0967) 543197
e-mail : papua@bpkp.go.id