Perwakilan BPKP Provinsi Papua

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Papua

Diklat Peningkatan Kapabilitas APIP Tahun 2016 Bagi Pegawai di Lingkungan APIP se-Provinsi Papua
26 September 2016 10:07:58 / papua / dibaca: 431 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Pada hari ini, Senin, 26 September 2016 telah dilaksanakan pembukaan Diklat Peningkatan Kapabilitas APIP Tahun 2016 Bagi Pegawai di Lingkungan APIP se-Provinsi Papua. Acara pembukaan dimulai pukul 08.00 WIT diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan laporan penyelengaraan oleh ketua panitia, Bapak Nurtjahjo Sigit Walujo dan sambutan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Bapak Darius. Peserta diklat berjumlah 30 orang, 24 berasal dari berbagai inspektorat kabupaten/kota yang ada di Propinsi Papua dan 6 orang dari kalangan pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Papua.

Dalam pembukaan Diklat Peningkatan Kapabilitas APIP Tahun 2016 Bagi Pegawai di Lingkungan APIP se-Provinsi Papua, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua menyampaikan pentingnya kejujuran, selain integritas sebagai salah satu modal utama seorang manusia secara umumnya dan sebagai APIP secara khususnya. Dalam penilaian mandiri (self assesment) yang terdiri dari 240 pernyataan, jawaban yang diberikan tidak terbatas pada ya dan tidak namun apakah hal yang dinyatakan tersebut telah berfungsi dan benar-benar dilaksanakan. Disebutkan pula, APIP juga berperan sebagai lini pertahanan pengelolaan pemerintahan secara bersih dan bebas KKN. Oleh karena itu pengembangan organisasi APIP mutlak dilakukan untuk menjamin eksistensinya dan demi terwujudnya fungsi manajemen APIP yang ekonomis, efisien dan efektif.

Dari hasil penilaian pada 19 inspektorat kabupaten/kota di Provinsi Papua menggunakan kriteria internasional Internal Audit Capability Model (IACM), diketahui baru dua inspektorat (Inspektorat Kota Jayapura dan Inspektorat Kabupaten Merauke) yang telah mencapai level dua. Dengan adanya diklat ini diharapkan nantinya level APIP di inspektorat kabupaten/kota se-Provinsi Papua dapat membantu pencapaian 85% level 3 APIP di seluruh Indonesia sebagai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019.



Share      

Berita Terkait:

17 Oktober 2015 03:52:44 / papua / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Meningkatkan Peran APIP Melalui Pengawasan yang Efektif Guna Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera


Profil Papua
Kata Pengantar
Struktur Organisasi
Tugas Pokok dan Fungsi
Sumber Daya Manusia
Visi dan Misi
Kegiatan Utama
Korwas IPP
Korwas Investigasi
Korwas APD
Korwas Akuntan Negara
Korwas P3A
Informasi Publik
Capaian Kinerja
Produk Perwakilan
Pengadaan Barang dan Jasa
Posisi Laporan Keuangan
Rencana Kerja
Tapkin, Renstra dan LAKIP
RKA 2016

Contact Person

PERWAKILAN BPKP PROVINSI PAPUA
Jalan Pasifik Indah III, Pasir Dua, Jayapura, Papua 99117
Telp (0967) 542750, Fax (0967) 543197
e-mail : papua@bpkp.go.id