ORI Seri 010, Investasi sembari Berbakti Pada Negeri

               

Selasa siang (25/6), diadakan Pelatihan Kantor Sendiri tentang Pre-Marketing Obligasi Negara Ritel (ORI) Seri 010 di Ruang Rapat Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua. Tidak seperti biasanya, dalam PKS kali ini Ajun baru di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Papua yang menjadi narasumber. Tema ini sengaja diangkat untuk menambah pemahaman pegawai lainnya mengenai ORI Seri 010 yang akan terbit bulan Oktober 2013 nanti.

ORI adalah sejatinya adalah salah satu bentuk Surat Utang Negara yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam rangka menghimpun dana dari masyarakat untuk pembiayaan yang dikeluarkan oleh negara. ORI diterbitkan pertama kali pada tahun 2007 dan saat ini telah terbit sampai dengan seri yang kesepuluh. Dalam memberikan apresiasi kepada investornya, ORI menawarkan keuntungan dalam bentuk kupon yang akan diberikan secara berkala (per bulan). Keuntungan lainnya adalah ORI di jamin oleh undang-undang, sehingga kecil kemungkinan ORI mengalami risiko gagal bayar.

“Dengan dilaksanakannya PKS tentang ORI seri 010, kami mengharapkan Bapak – Ibu sekalian menjadi lebih paham mengenai sistem dan keuntungan ORI. Sebagai Pegawai Negeri, secara aktif kita melayani masyarakat dan secara pasif, penghasilan yang kita peroleh dapat kita investasikan kembali ke negara melalui ORI. Selain berinvestasi, kita juga sudah membantu negara dalam memenuhi pembiayaan negara.” Ujar Kevin, Ajun baru di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Papua, disela-sela presentasinya.

Pelatihan yang berlangsung selama 2 jam ini diikuti kurang lebih 25 peserta secara antusias. Hal ini terlihat dari serunya diskusi yang berlangsung pada sesi tanya jawab.